Bisnis
Oleh Mandra Pradipta pada hari Kamis, 20 Okt 2016 - 11:48:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Dua Tahun Jokowi, Ketahanan Energi Indonesia Merosot

27agushermanto.JPG
Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menegaskan, pemerintahan Jokowi-JK belum mampu mengelola ketahanan energi dengan baik setelah dua tahun berkuasa. Dalam rentang waktu tersebut ketahanan energi Indonesia merosot pada posisi 69.

Pemerintahan Jokowi-JK pun belum mampu melakukan pengadaan energi dengan sumber daya baru, seperti panas bumi. Pengadaan energ masih mengandalkan bahan baku fosil.

"Energi panas bumi betul-betul memenuhi pengendalian ketahanan energi. Kita ingin memberikan sinergitas seluruh institusi dan penyamaan visi supaya energi ini betul-betul dapat kita unggulkan dan memenuhi kehidupan," kata Agus di Gedung Nusantara III DPR, Jakata, Kamis (20/10/2016).

Politisi Demokrat ini pun menilai, pemerintahan Jokowi-JK harus bisa fokus untuk memperbaiki sektor pertambangan dan mineral, guna menambah nilai ekonomi. Apalagi, UU Minerba sudah menegaskan Freeport tidak boleh mengekspor konsentrat sebelum ada smelter, namun aturan itu justru ditabrak.

"Karena menurut kami, UU Minerba ini sudah sangat tepat bahwa kita harus memiliki smelter. Jadi kita tidak ekspor gelondongan begitu saja," tandasnya. (plt)

tag: #jokowijk  #kinerja-jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement