Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Selasa, 25 Okt 2016 - 16:51:30 WIB
Bagikan Berita ini :

Elite Politik Lupakan Empat Pilar Ketika Hadapi Kekuasaan

13ahmad-basarah-bara.jpg
Ahmad Basarah (kanan) dalam acara Sosialisasi empar pilar bersama PGRI Bogor, Selasa (25/10/2016) (Sumber foto : Bara Ilyasa/TeropongSenayan)

BOGOR (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Badan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI Achmad Basarah menyesalkan para elite politik melupakan dasar-dasar negara ketika berhadapan dengan kekuasaan.

Ia mencontohkan pada Pemilihan Presiden tahun 2014 lalu, elite politik dan berbagai kelompok masyarakat banyak yang terjebak mengkampanyekan isu anti-SARA atau setidak tidaknya mendiamkan kampanye anti SARA tersebut terjadi.

Demikian juga kita perhatikan dalam pilkada DKI Jakarta, isu tentang anti SARA mendominasi seputar pemilihan Cagub dan Cawagub DKI daripada kompetisi gagasan dan program untuk membangun kota Jakarta.

"Salah satu moment yang sering membuat elite politik melupakan konsensus nasional nilai-nilai luhur Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika adalah pada setiap moment Pemilihan Presiden dan Pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah," ujar Basarah dalam acara Sosialisasi empar pilar bersama PGRI Bogor, Selasa (25/10/2016).

Menurut Basarah, aksi-aksi diskriminatif atas nama ikatan primordial seperti suku,agama, ras dan golongan sebenarnya tidak lagi relevan ketika dibenturkan dalam konsep berbangsa dan bernegara. Loyalitas primordial hendaknya sudah berubah menjadi loyalitas nasional ketika bersepakat membentuk negara.

"Kesadaran kebangsaan yang mengkristal yang lahir dari rasa senasib sepenanggungan, akibat penjajahan, telah berhasil membentuk wawasan kebangsaan Indonesia seperti yang tertuang dalam Sumpah Pemuda 1928," tegas politisi PDI Perjuangan itu.(yn)

tag: #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement