Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Selasa, 01 Nov 2016 - 11:27:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Impor Cangkul, DPR: Bukti Jokowi Tak Berpihak pada Industri Lokal

5Hafizs.jpg
Achmad Hafisz Tohir (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota DPR dari Fraksi PAN Achmad Hafisz Thohir menyesalkan kebijakan pemerintahan Jokowi yang mengimpor cangkul dari China.

"Sangat mengerdilkan kemampuan dalam negeri, sepertinya kita ini negeri yang tidak punya kemampuan apa-apa, sehingga apapun di import asalkan pedagang untung. ooh negeriku yang malang," sindir wakil ketua komisi XI ini pada TeropongSenayan di Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Dikatakannya, kebijakan impor cangkul sebagai kemunduran ekonomi di bidang industri dan perdagangan.

"Yang jelas ini pembodohan kepada industri nasional. Ini menunjukkan kepada kita semua bahwa pemerintahan Jokowi tak berpihak pada industri lokal meskipun produk yang berteknologi sangat rendah seperti cangkul tersebut," tandas Hafisz.

Selain itu, lanjut dia, kebijakan ini juga menunjukan bahwa pemerintah tidak serius mendorong kemandirian ekonomi bangsanya.

"Karena ternyata 260 juta rakyat Indonesia ini hanya menjadi pasar produk China saja. Mestinya pasar yang besar ini (260 juta manusia) seharusnya bisa dimanfaatkan oleh pemerintah sebagai suatu kekuatan ekonomi yang mandiri seperti pasar China yang sempat tertutup pada tahun sebelum 1991 yang lalu, namun China bisa menciptakan pasar sendiri meski diembargo Amerika," ujar dia.

Namun, saat ditanya apa yang salah dengan kebijakan impor cangkul tersebut, Hafisz menegaskan bahwa tim ekonomi Jokowi kurang mumpuni.

"Masa yang remeh temeh seperti itu harus import. Padahal kita sedang defisit neraca perdagangan, mestinya hemat devisa, paksa BUMN membuat peralatan industri sendiri. Dengan demikian produk lokal akan menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Jangan mau kita jadi sasaran kebanjiran barang produk China apalagi kalau hanya sekedar cangkul?," pungkasnya.

Seperti diketahui, salah satu BUMN yakni PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) melakukan import cangkul dari China atas persetujuan Kemendag.(yn)

tag: #dpr  #impor-cangkul  #partai-amanat-nasional  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement