Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Selasa, 13 Des 2016 - 18:06:59 WIB
Bagikan Berita ini :

TNI Siap Amankan Gelaran Pileg dan Pilpres 2019

54Gatot-Nurmantyo-1.jpg
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan, pihaknya siap membantu Kepolisian dalam hal pengamanan pelaksanaan tahapan Pemilu secara serentak pada 2019 nanti.

Pasalnya, pada Pemilu 2019 pelaksanaan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden dilaksanakan secara bersamaan.

"Saya terkejut tahu-tahu saya diundang ke sini, tapi masalah keamanan singkat saja, bahwa sesuai keputusan MK bahwa Pemilu menjadi seuatu keharusan menjadi satu (serentak). Sehingga yang menjadi perhatian untuk pengamanan dalam pemilihan legislatif saja itu sudah sangat luat biasa," kata Gatot dalam rapat panitia khusus (Pansus) RUU Pemilu, di Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (13/12/2016).

"Tentu bagaimana bila (semua tahapan) disatukan maka secara hitung-hitungan matematikanya akan lebih besar intensitas (keamanan) nya," tambah dia.

Oleh karena itu, sambung jenderal bintang empat itu, ia menyerahkan persoalan keamanan kepada Polri dan tentu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan TNI selalu siap memberikan bantuan tambahan pengamanan di dalam negeri.

"Masalah hukum itu tentu nantinya disampaikan oleh Kapolri, kalau kami di TNI amanatnya kami siap diperbantuan sesuai dengan ketentuan UU yang berlaku ketika diperlukan kepolisian," tandasnya.

Dalam rapat pansus Pemilu tersebut selain mengundang instansi TNI, Kepolisian dan Kejaksaan Agung juga turut hadir untuk membahas dari sisi kemananan dan hukum.(yn)

tag: #panglima-tn-gatot-nurmantyo  #pemilu  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Cak Imin Harap Pilkada 2024 Tak Terjadi Manipulasi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 06 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berharap pilkada 2024 berjalan objektif. Hal itu diutarakan Cak Imin dalam acara "Pembekalan Bacakada" di Vasa Hotel ...
Berita

Kolaborasi GPMB dan Amway Memberikan Edukasi Kesehatan untuk Generasi Muda dan Kalangan Pendidik

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)– Gerakan Pembudayaan Minat Baca (GPMB), organisasi sosial mitra Perpustakaan Nasional RI, berkolaborasi dengan Amway dan Amway Care Foundation, menyelenggarakan ...