Jakarta
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Rabu, 11 Jan 2017 - 21:21:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Anies Sediakan Taman Baca di Seluruh Kampung Jakarta

28aniesrabuabersama.jpg
Anies-Sandi saat menghadiri 'Rabu Bersama' di Gor Sunter, Jakarta Utara, Rabu (11/1/2017) (Sumber foto : Alfian Risfil/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Minat baca berbeda dengan daya baca. Menurut Cagub DKI Jakarta Anies Baswedan, sebenarnya minat baca masyarakat tidaklah rendah, sebab mereka membaca tetapi hanya terkait hal-hal di media sosial.

Sedangkan daya baca, menurut Anies, adalah kemampuan sesorang untuk membaca "buku". Nah, untuk meningkatkan daya baca ini, Anies berencana membangun taman baca di setiap perkampungan di Jakarta.

"Keberadaan taman baca inilah yang akan meningkatkan daya baca masyarakat terjhadap buku," ungkap Anies saat menghadiri Rabu Bersama di GOR Sunter, Jakarta Utara, Rabu (11/1/2017)

Buku-buku yang akan disediakan oleh taman bacaan ini akan sangat bervariasi, karena Anies akan menggandeng berbagai pihak untuk menyumbangkan buku-buku.

"Sehingga dalam segi kuantitas buku-buku di taman baca itu akan memenuhi kebutuhan pembaca," kata mantan mendikbud itu.

Variasi dan keanekaragaman buku juga didapatkan dari proses sirkulasi yang nantinya akan Anies terapkan di setiap rumah baca. Jadi konsepnya separuh buku di rumah baca A akan di-rolling ke rumah baca B dan begitu juga sebaliknya.

"Proses rolling ini akan menambah variasi buku bacaan swhingga pembacanya akan mselalu menemukan buku baru," kata Anies lagi.

Sirkulasi buku tersebut, menurut Anies. juga akan menghemat pengeluaran berlebihan pembelian buku sehingga biaya pembelian dan ketersediaan buku akan tetap seimbang dan optimal.(plt)

tag: #aniessandi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...