Lobi TSBerita TSZoom TSRagam TSKita TSNongkrong TSJakarta TSMitra TSGrafis TSTV
Anies Sediakan Taman Baca di Seluruh Kampung Jakarta
Oleh Alfian Risfil Auton - ( Rabu, 11 Jan 2017 - 21:21:36 WIB ) di Rubrik TSJakarta

Bagikan Berita ini :

28aniesrabuabersama.jpg
Anies-Sandi saat menghadiri 'Rabu Bersama' di Gor Sunter, Jakarta Utara, Rabu (11/1/2017)
Sumber foto : Alfian Risfil/TeropongSenayan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Minat baca berbeda dengan daya baca. Menurut Cagub  DKI Jakarta Anies Baswedan, sebenarnya minat baca masyarakat tidaklah rendah, sebab mereka membaca tetapi hanya terkait hal-hal di media sosial.

Sedangkan daya baca, menurut Anies, adalah kemampuan sesorang untuk membaca "buku". Nah, untuk meningkatkan daya baca ini, Anies berencana membangun taman baca di setiap perkampungan di Jakarta.

"Keberadaan taman baca inilah yang akan meningkatkan daya baca masyarakat terjhadap buku," ungkap Anies saat menghadiri Rabu Bersama di GOR Sunter, Jakarta Utara, Rabu (11/1/2017)

Buku-buku yang akan disediakan oleh taman bacaan ini akan sangat bervariasi, karena Anies akan menggandeng berbagai pihak untuk menyumbangkan buku-buku.

"Sehingga dalam segi kuantitas buku-buku di taman baca itu akan memenuhi kebutuhan pembaca," kata mantan mendikbud itu.

Variasi dan keanekaragaman buku juga didapatkan dari proses sirkulasi yang nantinya akan Anies terapkan di setiap rumah baca. Jadi konsepnya separuh buku di rumah baca A akan di-rolling ke rumah baca B dan begitu juga sebaliknya.

"Proses rolling ini akan menambah variasi buku bacaan swhingga pembacanya akan mselalu menemukan buku baru," kata Anies lagi.

Sirkulasi buku tersebut, menurut Anies. juga akan menghemat pengeluaran berlebihan pembelian buku sehingga biaya pembelian dan ketersediaan buku akan tetap seimbang dan optimal.(plt)


Editor : Redaktur | teropongsenayan.com
tag: #aniessandi  

Bagikan Berita ini :



Tanggapan Anda atas berita ini?

BeritaLainnya

70aniessandiaga2.jpg
9aniesbaswedan.jpg
28aniesbaswedan4.jpg
1sandibuku.jpg
97ahokdjarorkotak.jpg
70sandiaga2.jpg