Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Senin, 27 Feb 2017 - 14:49:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Tim Anies-Sandi Ungkap Perbedaan Suket Resmi dan Palsu

81anies-timses.jpg
Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Keamanan Tim Pemenangan Anies Sandi, Yupen Hadi (kiri) usai melaporkan temuan pelanggaran Surat Keterangan (Suket) ke Polsek Ciracas, Jakarta Timur, Senin (27/2/2017). (Sumber foto : Alfian Risfil/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Tim Advokasi Cagub Cawagub DKI Anies Baswedan-Sandiaga Uno melaporkan temuan pelanggaran Surat Keterangan (Suket) dalam pemungutan suara Pilkada DKI ke Polsek Ciracas, Jakarta Timur.

Tim Anies-Sandi menjelaskan perbedaan Suket resmi dan Suket palsu yang ditemukan di TPS 22 Kelapa Dua Wetan, Ciracas pada pemungutan suara putaran pertama 15 Februari lalu.

Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Keamanan Tim Pemenangan Anies Sandi, Yupen Hadi menunjukkan sampel Suket resmi dan palsu.

Terlihat Suket asli memiliki kop surat dan tanda tangan lengkap dari petugas Disdukcapil atau turunannya yaitu sudin dan kelurahan.

"Sedangkan suket palsu tidak ada kepala surat dan bahkan ada yang tidak ditandatangani oleh petugas terkait," kata Yupen di Polsek Ciracas, Jakarta Timur, Senin (27/2/2017).

Lebih lanjutn Yupen menjelaskan Suket resmi ada dua jenis. Pertama formatnya berbentuk barcode dan foto yang digunakan untuk bertempat tinggal sementara. Kedua, suket khusus pilkada yang dikeluarkan oleh disdukcapil dan turunannya.

"Boleh memang perangkat di bawahnya mengeluarkan suket tapi formatnya harus baku dan lengkap," ucap Yupen.

Tim advokasi menduga suket palsu dibuat dari surat perekaman e-KTP yang dikeluarkan kelurahan. Hal itu dikuatkan pengakuan pihak kelurahan yang mengatakan dugaan surat perekaman e-KTP benar adanya.

"Maka dari itu kalau bisa diperiksa pihak kelurahannya. Kami serahkan pemeriksaan kepada pihak bawaslu dan kepolisian," kata Yupen.‎(yn)

tag: #aniessandi  #pilkada-jakarta-2017  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...