Jakarta
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Kamis, 16 Mar 2017 - 21:11:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Anies: Saya Bersyukur Pernah Belajar dari KH Hasyim Muzadi

97IMG-20170316-WA088.jpg
Anies Baswedan saat menghadiri prosesi pemakaman mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi di Komplek Pondok Pesantren Al-Hikam, Depok Jawa Barat, Kamis (16/3/2017) (Sumber foto : Alfian Risfil/TeropongSenayan)

DEPOK (TEROPONGSENAYAN) - Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tampak menghadiri prosesi pemakaman mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi di Komplek Pondok Pesantren Al-Hikam, Depok Jawa Barat, Kamis (16/3/2017). Anies bersama rombongan tiba di rumah duka pukul 15.28 WIB.

Mengenakan baju koko putih dan peci hitam, kedatangan Anies disambut oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Anies pun bergegas memasuki rumah duka untuk ikut berdoa sembari menunggu kedatangan jenazah.

"Kesabaran dan cara komunikasi yang humoris itulah yang menjadikan beliau bisa diterima di semua kalangan," kenang Cak Imin.

Anies pun menilai sosok Kyai Hasyim selalu adem (sejuk) menyampaikan pesan yang bisa menjangkau semua. Sosok Kyai Hasyim, sambung Anies, membuktikan Islam sebagai rahmatan lil alamin, sebuah pesan yang harus lebih didengungkan dewasa ini.

"Kami bersyukur murid-muridnya sempat belajar dari beliau. Insya Allah dari ilmu yang beliau tularkan pada kita semua, akan kembali menjadi aliran pahala tanpa henti," ujar Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ke-29 ini kemudian mengikuti prosesi pemakaman dengan khidmat, sejak shalat hingga upacara pemakaman yang dipimpin oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Sejumlah tokoh nasional pun turut menghadiri prosesi pemakaman yang dipadati oleh ribuan pelayat tersebut, antara lain Mensos Khofifah Indar Parawangsa, Wakil ketua MPR Hidayat Nurwahid, mantan Ketum Muhammadiyah Sirajudin Syamsuddin, dan Ustaz Bachtiar Natsir. ‎

Seperti diketahui, Kiai Hasyim meninggal dunia pagi tadi di kediamannya di Pondok Pesantren Al-Hikam, Kota Malang‎, Jawa Timur, setelah selama beberapa waktu beristirahat karena sakit. Jenazahnya diterbangkan dengan pesawat TNI AU dan disambut oleh tokoh-tokoh negara di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Lautan pelayat pun mengantarkan Kiai Hasyim. Mereka berebut ingin memegang peti begitu jenazah Kiai Hasyim tiba di Ponpes Al Hikam. Hingga saat ini, para pelayat masih bertahan di lokasi pemakaman.‎

KH Hasyim pernah menjadi Ketua PWNU Jatim, Ketua Umum PBNU, dan terakhir menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). ‎(icl)

tag: #anies-baswedan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...