Berita
Oleh M Anwar pada hari Jumat, 21 Apr 2017 - 06:35:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Ridwan Kamil Soal DP Nol Rupiah: Tidak Ada yang Tidak Mungkin

22ridwan-kamil.jpg
Ridwan Kamil (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil turut memberikan pendapatnya soal program uang muka rumah atau down payment(DP) nol rupiah.

Menurutnya, DP nol rupiah sangat mungkin untuk diterapkan. Program yang diusung pasangan Cagub dan Cawagub DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno itu dinilainya rasional jika direncanakan dengan sistem keuangan yang baik.

"Tidak ada yang tidak mungkin bagi saya, apakah rekayasa refinancing, apakah ini cicilannya besar, memang saya belum tahu gimana programnya, tapi itu bisa," kata Ridwan Kamil di Hotel Shang Ri-La, Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengaku tak sepakat dengan berbagai pihak yang meragukan program tersebut. Strategi lain yang juga mungkin, menurut dia adalah pemerintah provinsi sendiri yang menyediakan anggaran khusus subsidi uang muka bagi masyarakat.

"Kalau ada subsidi, artinya negara punya uang besar dan menggantikan subsidi menjadi down payment," cetusnya.

Masyarakat saat ini, lanjut dia, terlalu berfikir konvensional terhadap pembiayaan perumahan sehingga pertumbuhan kota dan daerah menjadi lambat. Contohnya, masih banyak masyarakat yang menyimpan duit di bantal lalu setelah terkumpul baru dilakukan untuk pembelian rumah.

"Masyarakat kota di Indonesia itu sangat konvensional, misalnya dia tidak KPR, dia lebih milih nabung dulu di bantal baru dibeli rumah," ujar dia.

Padahal, lanjut dia, kalau dengan uang langsung yang dipergunakan untuk pembangunan dan memanfaatkan fasilitas yang ada maka pembangunan kota pun akan semakin cepat. Hal itu sama dengan konsep pembangunan proyek infrastruktur yang dikerjasamakan pemerintah dengan pihak swasta.

"Selama kota-kota indonesia berpikiran slow, pembangunan slow. Tapi kalau cepat, infrastruktur datang cepat, itu akan cepat," ujarnya.(yn)

tag: #aniessandi  #ridwan-kamil  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...
Berita

Arus Balik Lebaran, KAI Catat 47 Ribu Orang Masuk Jakarta

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah penumpang yang masuk Jakarta pada arus balik Lebaran hari ini, Senin (15/4/2024), mencapai 47.613 orang. Angka ini meningkat ...