Berita
Oleh Sahlan pada hari Senin, 08 Mei 2017 - 11:00:29 WIB
Bagikan Berita ini :
Soal Tahanan Kabur

Komisi III Pernah Usulkan Lapas Dijaga Polisi dan TNI 

63arsul-sani-ppp.jpg
Arsul Sani (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Anggota Komisi III DPR Arsul Sani mengaku, pihaknya sudah pernah mengusulkan ke Menkumham agar lembaga pemasyarakatan (Lapas) juga dijaga pihak kepolisan dan TNI.Usulan ini, kata dia, lantaran seringnya para napi kabur dari Lapas.

"Sudah pernah disuarakan, bahkan tahun 2015 lalu Menkumham sudah menggagas untuk alih status anggota Polri dan atau TNI menjadi petugas Lapas, untuk atasi kekuarangan itu dengan petugas yang siap bertugas," ujar Arsul saat dihubungi, Senin (8/5/2017).

Menurut Arsul, keluhan yang dimunculkan Kemenkumham pun selalu sama, yakni faktor kelebihan kapasitas Lapas. Padahal, faktor kelebihan penghuni Lapas merupakan isu lama yang sudah menjadi catatan publik, jauh sebelum peristiwa kerusuhan di Lapas Banceuy, Bandung dan Lapas Kerobokan Denpasar, Bali pada 2016.

"Soal kekurangan penjaga karena tidam berimbangnya rasio petugas lapas dengan napi yang harus dijaga dan diawasi ini sudah merupakan problem klasik, sudah lebih dari 10 tahun jadi masalah," katanya.

Justru, lanjut Arsul, yang ingin didengar masyarakat adalah solusi yang ditawarkan Kemenkumham mengatasi problem tersebut dibalik keterbatasan yang ada.

"Nah dalam soal bagaimana problem klasik kekurangan sipir ini diatasi belum kelihatan ikhtiar yang jelas dari jajaran Lapas kita.Misalnya, mengembangkan kerjasama antara kementerian atau kelembagaan yang bersifat permanen antara Kemenkumham dan Polri," tandasnya.(yn)

tag: #komisi-iii  #menkumham-yasonna-laoly  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Polda Mulai Selidiki Laporan Terhadap Anji

Oleh Rihad
pada hari Selasa, 04 Agu 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Polda Metro Jaya telah memulai penyelidikan terhadap laporan dugaan penyebaran berita bohong atau hoax mengenai obat COVID-19 oleh musisi Erdian Aji Prihartanto atau biasa ...
Berita

Guru PPKn, Lokomotif Pendidikan Pancasila di Sekolah

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) mempunyai relasi besar terhadap pendidikan Pancasila di institusi pendidikan. Untuk itu, guru yang mengemban amanah di ...