Jakarta
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 16 Mei 2017 - 14:36:24 WIB
Bagikan Berita ini :

Pulau Reklamasi di Jakarta yang Kadung Jadi Bakal Dijadikan Pelabuhan

73anies-idaman.jpg
Anies Baswedan memberikan sambutan dalam Mukornas Partai Idaman di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (16/5/2017) (Sumber foto : Alfian Risfil/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Gubernur DKI terpilih Anies Baswedan menanggapi soal pulau reklamasi di Teluk Jakarta yang terlanjur jadi. Menurutnya, pulau tersebut bisa dialihfungsikan menjadi fasilitas umum, salah satunya pelabuhan.

"Jadi itu (dijadikan pelabuhan, red) yang sudah saya sampaikan ketika di debat (Pilkada DKI). Bahwa yang sudah terlanjur jadi akan dimanfaatkan untuk kepentingan publik," kata Anies di Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (16/5).

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno memang secara tegas menolak melanjutkan reklamasi ketika masa kampanye Pilkada DKI. Namun, beberapa pulau yang terlanjut jadi, kata Anies, akan dimanfaatkan untuk fasilitas publik. Dia menjanjikan pemanfaatan itu dipastikan untuk masyarakat luas.

"Intinya adalah fasilitas publik itu sesuatu yang bisa bermanfaat untuk orang banyak, pengelolaannya bisa oleh pemerintah oleh macam-macam, tapi intinya bermanfaat untuk publik," terangnya.

Mantan Mendikbud ini menambahkan, masukan warga juga menjadi pertimbangan terkait peruntukannya.

Anies mencontohkan, banyaknya warga DKI yang menginginkan bisa merasakan pantai yang terbuka untuk siapa saja. Semua itu, kata dia, ditampung Tim Sinkronisasi Anies-Sandi sebagai ide dan gagasan untuk diterjemahkan lebih rinci dalam bentuk program.

"Sehingga tempat yang sudah sekarang bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Jadi bukan idenya Anies, bukan idenya Sandi, bukan idenya satu atau dua orang, tapi justru kita ingin dengar yang terbaik untuk tempat ini," katanya.

Sebelumnya, Ketua Tim Sinkronisasi Sudirman Said mengatakan, sikap gubernur dan wakil gubernur terpilih Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang menolak reklamasi akan dibahas lebih terperinci dalam tim. Sudirman mengisyaratkan, pulau hasil reklamasi di Teluk Jakarta itu akan dialihfungsikan.

"Tugas kami mengkaji bagaimana yang sudah terjadi di lapangan tetap bermanfaat bagi masyarakat, bagi lingkungan dan juga tidak mengganggu lingkungan hidup, syukur-syukur bisa menjadi sarana-sarana yang betul-betul dinikmati masyarakat," kata dia.(yn)

tag: #anies-baswedan  #reklamasi-pantai-utara-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...