Berita
Oleh Sahlan pada hari Rabu, 31 Mei 2017 - 21:23:41 WIB
Bagikan Berita ini :

TNI Dilibatkan Berantas Terorisme, PDIP Sebut Khianati Reformasi

25charles-sahlan.jpg
Charles Honoris (kedua, kiri) dalam diskusi bertajuk 'Dinamika Gerakan Terorisme dan Polemik Revisi UU Anti-Terorisme' di Universitas Paramadina, Jakarta, Rabu (31/5/2017). (Sumber foto : Sahlan/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Politikus PDIP Charles Honoris menilai, pelibatan TNI dalam pemberantasan terorisme merupakan bentuk pengkhianatan terhadap cita-cita reformasi.

Sebab, kata dia, penanganan terorisme melalui penegakkan hukum merupakan ranah kepolisian.

"Reformasi lahirkan banyak institusi baru termasuk dalam pemberantasan terorisme dengan model penegakkan hukum sehingga kalau meleceng maka kita mengkhianati amanat reformasi," kata Charles dalam diskusi bertajuk 'Dinamika Gerakan Terorisme dan Polemik Revisi UU Anti-Terorisme' di Universitas Paramadina, Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Kendati demikian, kata Charles dirinya tidak anti TNI namun dalam melaksanakan tugas, tiap institusi harus didudukkan dalam tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) serta proporsinya yang ideal.

Menurut dia, tugas TNI untuk pertahanan negara sedangkan penegakkan hukum merupakan wilayah kepolisian dan Densus 88 Anti-teror.

"Agak lucu kalau TNI dijadikan penyidik dan lakukan penangkapan karena akan menjadi kecacatan hukum," ucapnya.

Sementara, kata anggota Komisi I DPR ini, banyak pihak yang menyalahartikan pernyataan Presiden Joko Widodo beberapa hari lalu soal pelibatan TNI dalam pemberantasan terorisme.

Menurut dia, apa yang diinginkan Presiden adalah pelibatan TNI secara terbatas yaitu mengacu pada Pasal 7 UU 34 tahun 2004 yaitu terlibat dalam pemberantasan terorisme atas dasar keputusan politik negara.

"Presiden sebagai panglima tertinggi TNI pasti memahami Tupoksi institusi tersebut. Karena itu pernyataan Presiden Jokowi tersebut banyak disalah artikan, karena sebenarnya pelibatan TNI namun secara terbatas seperti sekarang," kata Charles.(yn)

tag: #terorisme  #tni  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...