Bisnis
Oleh M Anwar pada hari Jumat, 18 Agu 2017 - 09:48:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Menkop Puspayoga Resmikan HG Smart, Apa Itu?

77puspayoga-menkop-hgsmart.jpg
Menko dan UKM Puspayoga (ketiga, kiri) meresmikan HG Smart di Cluster Melia Garden Serpong Utara Tangerang Selatan, Kamis (17/8/2017) (Sumber foto : Istimewa)

TANGERANG SELATAN (TEROPONGSENAYAN)--Menkop dan UKM Puspayoga meresmikan HG Smart (Hi Go Smart) di Cluster Melia Garden Serpong Utara Tangerang Selatan, Kamis (17/8/2017).

HG Smart merupakan aplikasi dengan konten nilai-nilai kebangsaan dan ekonomi Pancasila.

Ikut hadir dalam acara itu, Deputi Bidang Kelembagaan Kemenkop dan UKM, Meliadi Sembiring dan Wakil Walikota Tangsel,Benyamin Davnie.

"Ekonomi Pancasila tidak lain adalah koperasi, dan itu yang harus kita tanamkan pada generasi muda, yang sekarang lepas dari gadget," kata Puspayoga.

Menurut Puspayoga, HG Smart, yang dibuat Hary Gagarin yang juga dikenal sebagai wartawan itu, merupakan aplikasi yang cerdas dan smart, mengingat saat ini nilai-nilai kebangsaan dan ekonomi pancasila tengah diuji ketahanannya.

Karena itu Menkop mengingatkan, tugas para founder aplikasi selanjutnya adalah mensosialisasikan kepada masyarakat luas terutama melalui gadget, dengan data-data yang otentik dan menarik.

"Kalau tidak begitu maka akan mati sendiri aplikasi ini," tegasnya.

Terobosan

Founder HG Smart, Hary Gagarin mengatakan, aplikasi ini bisa dibilang terobosan dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan ekonomi Pancasila, terutama di kalangan generasi muda.

"Tinggal di download aja di playstore, maka kita bisa mengetahui seberapa jauh pengetahuan kita tentang nilai kebangsaan maupun ekononi Pancasila atau koperasi," katanya.

Menurut ia, sambutan masyarakat membuatnya surprise, karena hanya dalam tiga minggu masa uji coba, HG Smart sudah mendapatkan penilaian bintang lima di playstore, yang artinya sangat diminati.

Hary menjelaskan, HG Smart berisi pertanyaan-pertanyaan terkait nilai-nilai kebangsaan dan ekononi Pancasila, dimana koperasi adalah lembaga yang paling pas dalam implementasinya atau menerapkannya.

Kota Seribu Koperasi

Sebelumnya, Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, meski baru sembilan tahun berdiri, namun perkembangan Tangsel cukup pesat, dengan pertumbuhan ekonomi 7,3 persen atau diatas rata-rata nasional.

Hal itu antara lain karena Tangsel berbatasan dengan pusat-pusat pertumbuhan yaitu Jakarta Selatan, Depok, Bogor, Kabupaten Tangerang. Ke depan, Pemda Tangsel mencanangkan kota 1.000 koperasi, dimana diharapkan koperasi bisa menjadi soko guru perekonomian di Tangsel.

"Saat ini jumlah koperasi di Tangsel sudah mencapai 616 unit dengan tenaga kerja yang terserap seribu orang di koperasi, sementara jumlah UMKM nya 16.400," kata Benyamin.

Guna mencapai target 1.000 koperasi itu pemerintah Tangsel meluncurkan sejumlah program diantaranya, fasilitas permodalan pemberdayaan dan dana bergulir, pelatihan pedagang kreatif, dan revitalisasi Serbuk (satu koperasi seribu UMKM) , mendirikan gedung inovasi UMKM dan memanfaatkan medsos bekerjasama dg PT Telkom memasarkan produk UMKM Tangsel.

Menkop dan UKM, Puspayoga memberikan apresiasi tinggi atas gagasan kota seribu koperasi ini.

"Ini akan saya bawa menjadi percontohan si kota- kota lain dalam mengembangkan koperasi sebagai wujud dari ekonomi Pancasila," pungkas Menkop.(yn)

tag: #kementerian-koperasi-dan-ukm  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement