Berita
Oleh Sahlan pada hari Selasa, 05 Sep 2017 - 17:37:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Isu Rohingya Digoreng untuk Serang Pemerintah, Ini Kata Fadli Zon

86FadliZon(indra).jpg
Fadli Zon (Sumber foto : Dok/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Kapolri Jenderal Tito Karnavian menganggap, isu Rohingya di Myanmar tidak lagi murni mengangkat sisi kemanusiaan. Namun, hal tersebut diolah sedemikian rupa oleh kelompok tertentu untuk menyerang pemerintahan Joko Widodo.

Menangapi hal ini, Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia termasuk lamban dalam mengatasi persoalan di Myanmar. Sehingga, kata dia, wajar jika ada kritik yang dialamatkan kepada pemerintah.

"Menurut saya isu ini kan memang isu yang nyata. Kalau misalnya ada kritik kepada pemerintah dianggap lamban atau tak merepresentasikan saya ikut mengkritik kok. Kita ikut mengkritik karena reaksi kita termasuk yang lamban," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Kedua, lanjut Fadli, pemerintah tidak menunjukkan bahwa negara pemimpin di ASEAN, negara Muslim terbesar di dunia, tidak menunjukkan itu.

"Kita seperti negara lain saja, business as usual, saya kira wajar," katanya.

Harusnya, kata politikus Gerindra ini, kritik itu dijadikan introspeksi dan masukan agar bisa merespons lebih cepat dan sesuai dengan semangat politik luar negeri yang bebas dan aktif tapi lebih proaktif.

Di masa lalu, lanjut Fadli, bahkan dalam konflik yang terjadi di Mindanao Selatan, antara MLNF dengan pemerintah Filipina Indonesia jadi mediator, bahkan mendatangkan tentara ke sana sebagai pihak joint opperation buat mediasi pihak MLNF dengan pihak pemerintah Filipina.

"Sekarang jangan hanya imbauan saja dong. Sekarang imbauan, kemudian mengklaim membantu membuat sekolah atau rumah sakit padahal itu kerjaan dari civil society," tandasnya.(yn)

tag: #rohingya  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...