Berita
Oleh M Anwar pada hari Sabtu, 21 Okt 2017 - 15:17:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Jokowi Incar Dana Amal Buat Bangun Infrastruktur, Ini Kata Sri Mulyani

6201607027-srimulyani-reuters.jpg
Menkeu Sri Mulyani (Sumber foto : Dok Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus mengupayakan sumber pendanaan baru agar pembangunan infrastruktur dapat terus berjalan. Salah satu sumber pendanaan yang tengah dikaji yakni melalui dana amal atau filantropi dari penderma.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan, pendanaan infrastruktur di Indonesia memang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan juga bisa dari swasta. Selain itu, ada juga pendanaan yang bersifat pinjaman (loan) yang sifatnya penyertaan ekuitas.

"Jadi sumber-sumber pendanaan yang berasal dari dalam maupun luar negeri termasuk filantropi (penderma) mereka memiliki ketertarikan masing-masing," ungkapnya di Lippo Mall Kemang, Jakarta, Sabtu (21/10/2017).

Menurutnya, filantropi tersebut bisa untuk mendanai berbagai bidang yang diminati, ada sektor kesehatan dan ada pula yang tertarik di infrastruktur. Indonesia bisa melakukan pembangunan infrastruktur melalui pendanaan model tersebut, hanya saja perlu pembahasan lebih detail terkait itu.

"Itu bisa saja kita tampung. Selama ini sudah kita lakukan melalui PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur) kita, karena PT SMI merupakan vehicle atau alat agar Indonesia mampu men-tab berbagai sumber pendanaan yang berasal dari swasta baik dalam maupun luar negeri," jelasnya.

Menurutnya, untuk skema pendanaan apakah nanti bisa langsung masuk ke proyek infrastruktur atau melalui PT SMI terlebih dahulu belum dibicarakan. Oleh karena itu akan dibahas terlebih dahulu untuk membuat suatu payung hukumnya.

"Tapi kalau nanti strukturnya, nanti kita discussion (bicarakan) lagi lah ya," tukasnya. (aim)

tag: #jokowijk  #kementerian-keuangan  #sri-mulyani  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...