Berita
Oleh M Anwar pada hari Senin, 04 Des 2017 - 10:17:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Bahrun Naim Tewas, Polri Langsung Lakukan Pengusutan

22473404_620.jpg
Bahrun Naim (Sumber foto : Dok Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berusaha mengklarifikasi kabar yang menyebutkan anggota Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) asal Indonesia Muhammad Bahrun Naim Anggih Tamtomo alias Abu Rayyan alias Abu Aishah, tewas.

Kabar itu muncul dari cuplikan layar (screen shot) yang diduga disebar di sebuah grup aplikasi tukar pesan WhatsApp. Dalam pesan itu, sebuah keterangan (caption) yang disertakan bersama foto Bahrun menyebutkan, pria kelahiran 1983 itu tewas pada Jumat (30/11).

“Inalilahi wa inna ilahi raji’un, telah gugur syahid saudara kita mujahid Bahrun Naim di Abu Hamam pada tanggal 30 November,” tulis keterangan dalam cuplikan layar dari grup WhatsApp Senin (4/12).

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto mengatakan, pihaknya tengah mengklarifikasi kabar tersebut ke pihak Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri. “Masih diklarifikasi dulu,” kata Setyo, Senin (4/12).

Terpisah, Direktur Community of Ideological Islamic Analyst Harits Abu Ulya juga mengatakan belum dapat mengetahui kebenaran kabar tersebut secara pasti. Ia berkata, hanya mengetahui kabar tersebut dari cuplikan layar yang beredar melalui WhatsApp. “Ya, kabarnya seperti yang dalam screen shot yang beredar (meninggal dunia). Sejauh ini belum terkonfirmasi,” kata Harits

Bahrun mulai dikenal luas setelah polisi menyebutnya sebagai dalang aksi teror di jantung ibu kota, bom Thamrin, Januari 2016.

Pria kelahiran 1983 disebut sebagai salah satu sosok yang berbahaya. Bahrun telah bergabung dengan ISIS. Ia dipercaya mengendalikan jaringan teror di Indonesia dengan cara merekrut, melatih dan merencanakan serangan. Di dunia teror, Bahrun bukan benar-benar baru. Tahun 2010, ia dipenjara dua tahun atas kepemilikan ratusan butir peluru milik salah seorang anggota Jemaah Islamiyah. Kasus itu tak cukup menyita perhatian media hingga nama pria kelahiran Solo itu juga tak banyak muncul.

Nama Bahrun juga beberapa kali disebut sebagai nama akun blog dan media sosial yang kerap mengunggah materi radikal. Namun saat itu namanya belum menjadi pusat perhatian. Hingga pada Januari 2016 saat sejumlah orang melepaskan tembakan dan membawa bom bunuh diri di kawasan Sarinah, Thamrin, namanya mulai melambung. Bahrun dituding polisi sebagai dalang insiden yang menewaskan delapan orang itu. Ia diyakini menjadi penyuplai dana untuk para pelaku.(aim)

tag: #polri  #terorisme  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...