TSJabar
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 06 Des 2017 - 05:38:34 WIB
Bagikan Berita ini :

Disdukcapil Temukan E-KTP Palsu di Sukabumi

88ktp.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)


SUKABUMI (TEROPONGSENAYAN) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sukabumi, Jawa Barat, menemukan adanya KTP elektronik palsu yang diduga beredar di masyarakat.

"Salah tempat ditemukannya KTP-e palsu tersebut, yakni di Rumah Sakit Al-Mulk, Palabuhan II, Kecamatan Lembursitu," kata Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar Ihfan di Sukabumi, Selasa (5/12/2017)

Temuan ini didapat setelah petugas RS Al-Mulk memeriksa chip di KTP-e dengan menggunakan operator alat baca kartu. Ternyata kartunya tidak terbaca oleh alat pembaca tersebut.

Petugas dari RS milik Pemkot Sukabumi itu langsung berkoordinasi. Dan setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata KTP-e tersebut palsu.

Karena itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengungkap jaringan pembuatan KTP-e palsu. Sekilas KTP palsu itu tidak ada bedanya dengan yang asli. Namun, yang membedakan yakni tidak adanya chip.

"Dugaan kami, KTP-e palsu tersebut dibuat oknum tidak bertanggung jawab dengan tujuan untuk mempermudah mendapatkan fasilitas pelayanan gratis dari pemerintah salah satunya rumah sakit," katanya.

Iskandar tidak menutup kemungkinan jumlah KTP-e palsu yang beredar di masyarakat cukup banyak. Karena itu, pihaknya juga akan menggelar menggelar operasi yustisi untuk mencegah semakin meluasnya KTP-e palsu tersebut.

Selain itu, pihaknya menyediakan alat baca chip KTP-e di sejumlah tempat seperti di RS Al-Mulk dan kantor Disdukcapil Kota Sukabumi untuk mengantisipasi adanya oknum yang menggunakan KTP-e palsu. Pemkot juga mengimbau kepada warga agar dalam pembuatan administrasi kependudukan baik KTP, kartu keluarga, akta kelahiran dan lain-lain tidak menggunakan jasa calo.

"Alangkah baiknya datang langsung ke kantor Disdukcapil Kota Sukabumi," katanya. (Ant/icl)

tag: #jabar  #mendagri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSJabar Lainnya
TSJabar

Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Dilantik Rabu

Oleh Ferdiansyah
pada hari Senin, 03 Sep 2018
BANDUNG (TEROPONGSENAYAN)--Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dijadwalkan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Rabu ...
TSJabar
Jadi Gubernur dan Wagub Terpilih

Ridwan-Uu Diperkenalkan dalam Rapat Paripurna DPRD Jabar

BANDUNG (TEROPONGSENAYAN)--Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum diperkenal kepada anggota DPRD Jabar. Ridwan-Uu diperkenalkan dalam Rapat ...