Kartu Pekerja DKI Diluncurkan, Buruh Gratis Naik Transjakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Jumat, 12 Jan 2018 - 11:42:26 WIB

Bagikan Berita ini :

80Kartu-Pekerja-DKI.jpeg
Sumber foto : Alfian Risfil/TeropongSenayan
Kartu Pekerja yang diluncurkan Pemprov DKI untuk memberikan sejumlah fasilitas kepada buruh di Jakarta

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pemprov DKI resmi meluncurkan Kartu Pekerja untuk kaum buruh di Jakarta. Dengan kartu tersebut, buruh akan menerima fasilitas Transjakarta gratis hingga berbelanja murah di JakGrosir.

Peluncuran Kartu Pekerja tersebut secara simbolis diberikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno kepada dua orang buruh di Balai Agung, Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (12/1/2018).

Dalam kesempatan ini, Sandi didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja DKI Priyono, Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasruddin, dan Direktur Utama PT TransJakarta Budi Kaliwono.

Dalam sambutannya, Sandi mengatakan, bahwa ini adalah wujud realisasi dari upaya Pemprov meningkatkan kesejahteraan buruh yang berpenghasilan UMP.
"Ada beberapa intervensi yang kami lakukan untuk memastikan biaya hidup mereka terjangkau," kata Sandi.

Buruh, kata Sandi, nantinya akan menerima fasilitas TransJ gratis di seluruh koridor. Mereka juga akan mendapatkan akses berbelanja di JakGrosir dengan harga yang sangat terjangkau.

"Bisa ada subsidi pangan. Pembelian bahan pokok. Daging sapi Rp 35 ribu per kilogram, daging ayam, Rp 8 ribu, beras dapat Rp 6 ribu per kilo, telur Rp12.500 per kilo," ujar Sandi.

Karena itu, Sandi juga meminta dunia perusahaan untuk mendaftarkan buruh yang bekerja dengan gaji UMP Rp 3.658.000 dan masa kerja di bawah satu tahun untuk didaftarkan ke Dinas Tenaga Kerja DKI.

Data yang ada akan diserahkan ke Bank DKI dan kemudian dicetak kartunya oleh Bank DKI. Terdapat 3.339 pekerja dari 236 perusahaan yang akan menerima fasilitas tersebut.

Sandi berharap, dengan Kartu Pekerja dapat semakin mensejahterakan warga.

"Sesuai arahan Pak Gubernur kita ingin bisa memastikan hubungan industrial lebih baik. Bagaimana rekan buruh bisa meningkatkan penghasilan dan kesejahteraannya," pungkas Sandi.‎(yn)

tag: #dki-jakarta  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca teropongsenayan.com yth.

Polemik Ratna Sarumpaet, dalam waktu sekejap, membuka mata-telinga dan mengejutkan banyak kalangan. Termasuk mata dan telinga para politisi.

Setelah polisi membuktikan kebohongan Ratna, dan yang bersangkutan juga mengaku berbohong, polemik pun semakin kencang. Di sisi lain, beberapa kalangan menengarai polemik kebohongan Ratna berimplikasi terhadap elektabilitas pasangan calon (paslon) peserta Pilpres 2019. Yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menurut Anda, seperti apa dampak dari implikasi tersebut:

  • 1. Berpengaruh positif terhadap Joko Widodo-Maruf Amin
  • 2. Berpengaruh positif terhadap Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
  • 3. Tidak berpengaruh terhadap masing-masing paslon
LIHAT HASIL POLING