Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Jumat, 12 Jan 2018 - 11:42:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Kartu Pekerja DKI Diluncurkan, Buruh Gratis Naik Transjakarta

80Kartu-Pekerja-DKI.jpeg
Kartu Pekerja yang diluncurkan Pemprov DKI untuk memberikan sejumlah fasilitas kepada buruh di Jakarta (Sumber foto : Alfian Risfil/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pemprov DKI resmi meluncurkan Kartu Pekerja untuk kaum buruh di Jakarta. Dengan kartu tersebut, buruh akan menerima fasilitas Transjakarta gratis hingga berbelanja murah di JakGrosir.

Peluncuran Kartu Pekerja tersebut secara simbolis diberikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno kepada dua orang buruh di Balai Agung, Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (12/1/2018).

Dalam kesempatan ini, Sandi didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja DKI Priyono, Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasruddin, dan Direktur Utama PT TransJakarta Budi Kaliwono.

Dalam sambutannya, Sandi mengatakan, bahwa ini adalah wujud realisasi dari upaya Pemprov meningkatkan kesejahteraan buruh yang berpenghasilan UMP.
"Ada beberapa intervensi yang kami lakukan untuk memastikan biaya hidup mereka terjangkau," kata Sandi.

Buruh, kata Sandi, nantinya akan menerima fasilitas TransJ gratis di seluruh koridor. Mereka juga akan mendapatkan akses berbelanja di JakGrosir dengan harga yang sangat terjangkau.

"Bisa ada subsidi pangan. Pembelian bahan pokok. Daging sapi Rp 35 ribu per kilogram, daging ayam, Rp 8 ribu, beras dapat Rp 6 ribu per kilo, telur Rp12.500 per kilo," ujar Sandi.

Karena itu, Sandi juga meminta dunia perusahaan untuk mendaftarkan buruh yang bekerja dengan gaji UMP Rp 3.658.000 dan masa kerja di bawah satu tahun untuk didaftarkan ke Dinas Tenaga Kerja DKI.

Data yang ada akan diserahkan ke Bank DKI dan kemudian dicetak kartunya oleh Bank DKI. Terdapat 3.339 pekerja dari 236 perusahaan yang akan menerima fasilitas tersebut.

Sandi berharap, dengan Kartu Pekerja dapat semakin mensejahterakan warga.

"Sesuai arahan Pak Gubernur kita ingin bisa memastikan hubungan industrial lebih baik. Bagaimana rekan buruh bisa meningkatkan penghasilan dan kesejahteraannya," pungkas Sandi.‎(yn)

tag: #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...