Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Jumat, 26 Jan 2018 - 17:51:12 WIB
Bagikan Berita ini :

Jadi Mainan Pemburu Rente, KPK Harus Awasi Impor Beras

36teguhjuwarno.jpg
Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ikut mengawasi rencana impor beras.Sebab, kebijakan ini berpotensi menjadi mainan para pemburu rente.

"Seharusnya KPK turun tangan soal importasi komoditas ini (beras). Ada sinyalemen kuat importasi komoditas adalah permainan pemburu rente. Impor komoditas baik beras, gula dan garam ini adalah modus para pemburu rente. Karena harga di pasar internasional jauh lebih murah dari harga di dalam negeri," tegas Ketua DPP PAN itu saat dihubungi di Jakarta, Jumat (26/01/2018).

Menurutnya, persoalan impor beras memperlihatkan tidak kompaknya anggota kabinet pembantu Presiden Jokowi.

Sebab, terang dia, data kementerian Pertanian dan Kementerian perdagangan tidak sinkron.

"Menteri Pertanian selalu menyampaikan bahwa kita sudah swasembada beras sehingga tidak perlu lagi impor. Sementara Kementerian Perdagangan meyakini ada kelangkaan suplai beras maka perlu impor beras," ungkapnya.

Memang, kata dia, beras sebagai komoditas politis dan strategis memang harus selalu tersedia di pasar.

"Tapi impor beras yang dilakukan menjelang musim panen raya bisa dianggap ‘moral hazard’ yang mengancam kelangsungan usaha petani," tegas Teguh.

Menurut Teguh, presiden harus menegur para pembantunya agar memberikan data yang benar tentang produksi, kebutuhan serta ketersediaan beras di pasar. Data serupa uga berlaku untuk beras di gudang-gudang beras Bulog maupun swasta.

"Pemerintah melalui instrumen UU punya hak untuk mengetahui besaran stok beras di gudang swasta, apalagi di Bulog," pungkasnya.(plt)

tag: #impor-beras  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...