Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 05 Feb 2018 - 17:01:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Ikut Amankan Demo, TNI Janji Tak Pakai Senjata

99Mayor-Jenderal-Sabrar-Fadhilah.jpg
Mayjen TNI Sabrar Fadhilah (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Polri meminta bantuan TNI dalam pengamanan demonstrasi. Dalam pelaksanaannya nanti, pihak TNI berjanji tidak akan menggunakan senjata di setiap pengamanan aksi unjuk rasa.

"Saya kira tidak (menggunakan senjata). Senjata adalah unsur paling terakhir untuk melakukan tindakan pencegahan," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Sabrar Fadhilah di Mabes TNI AD, Jakarta, Senin (5/2/2018).

Keterlibatan TNI dalam pengamanan demo merupakan tindak lanjut dari perpanjangan nota kesepahaman (MoU) dengan Polri yang ditandatangani oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada Selasa (23/1) lalu.

Menurut Sabrar, senjata baru akan digunakan jika situasi demo sudah tidak kondusif dan segera dibutuhkan penangkalan.

"Mengedepankan tindakan polisional begitu sudah kita atasi, serahkan kepada kepolisian untuk dilanjutkan untuk mengatasi hal-hal seperti itu," tutur Sabrar.

Sabrar menjelaskan, tujuan nota kesepahaman tersebut hanya bertujuan untuk menghindari dampak kerusakan yang lebih besar saat demo berlangsung.

Dalam pelaksanaannya, dia menjamin tetap berdasarkan aturan yang ada. Salah satunya adalah dengan menempatkan kepolisian di barisan terdepan.

"TNI masih di belakang menjaga yang lain-lainnya, termasuk menjaga bantuan-bantuan kalau misalnya ada yang luka, ada yang kemudian menjadi pengerusakan, nah pencegahan itu yang dilakukan," ujarnya.

Nota kesepahaman pengamanan demonstrasi antara TNI dan Polri berisi sejumlah poin keterlibatan TNI yang bersifat perbantuan dalam pengamanan unjuk rasa atau mogok kerja, kerusuhan massa, dan penanganan konflik sosial.

Nota kesepahaman ini sebelumnya disusun pada 2013, lalu diperpanjang karena masanya telah berakhir.(yn)

tag: #demo-di-istana  #tni  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...