Jakarta
Oleh Alfian Rifsil Auton pada hari Selasa, 06 Feb 2018 - 06:26:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Cek Banjir Di Rawajati dan Pejaten, Anies Minta Warga Pastikan Drainase Tak Mampet‎

19IMG-20180205-WA0118.jpg
Gubernur Anies Basweda saat meninjau banjir di Rawajati, Jakarta Selatan, Senin (5/2/2018) malam. Anies bersama ajudan tiba di lokasi sekitar pukul 23.40 WIB. (Sumber foto : Dokumen Teropongsenayan)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Jelang tengah malam, Senin (5/2/2018), Gubernur DKI Anies Baswedan masih sibuk meninjau beberapa lokasi banjir di sejumlah titik di Ibu Kota Jakarta.

Diantaranya adalah di Jalan Bina Warga, Rawajati dan RW 05 Pejaten Timur, Jakarta Selatan. Di dua lokasi ini diketahui mulai terendam banjir sejak siang kemarin.

Anies meminta warga bersama-sama memastikan saluran air di sekitar permukiman tidak mampet. "Pastikan gorong-gorong di depan rumah aman, tidak tersumbat," kata Anies di lokasi.

Anies juga menanggapi peringatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyebut potensi datangnya cuaca ekstrem hingga dua hari ke depan.

Anies memastikan, petugas dari Pemprov akan turun ke lapangan untuk mengecek semua aliran air tak terhambat sampah. Dia juga mengimbau warga melapor jika menemui masalah.

"Yang pasti, dalam situasi seperti ini, bagian kita adalah merespons dengan cepat, membersihkan dengan cepat. Seluruh tim kita untuk pembersihan di lapangan dan kita ingin pastikan aliran air yang melewati Jakarta seminim mungkin menimbulkan dampak negatif di kota ini," tuturnya.

Anies juga mengimbau warga tak membuang sampah ke sungai. "Ya sebagian sampah rumah tangga dan kita harus mengubah kebiasaan jangan membiasakan membuang sampah di sungai karena efeknya seperti ini, ini limpahan-limpahan sampah ini luar biasa besar," ujarnya.

Diketahui, sebanyak 263 keluarga di Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan, dilaporkan terdampak banjir akibat luapan Sungai Ciliwung, sejak Senin (5/2/2018) pagi.

Camat Pancoran Herry Gunara mengatakan, sebagian RT di RW 007 tergenang banjir.‎
"Banjir akibat luapan Kali Ciliwung di RW 007 RT 002, RT 003, RT 004, dan RT 005 dengan ketinggian 30-60 centimeter," kata Herry.

Herry mengatakan, belum ada posko siaga banjir. Ia berharap banjir di Rawajati cepat surut. Sementara di wilayah lain di Pancoran, luapan air dilaporkan hanya menggenangi ruas jalan.

"(Ketinggian genangan di) Pengadegan 20-25 centimeter. Belum ada rumah yang tergenang," tandasnya. (icl)

tag: #anies-baswedan  #aniessandi  #banjir-jakarta  #bencana-alam  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...