Berita
Oleh Radit Pradipta pada hari Selasa, 06 Feb 2018 - 14:47:51 WIB
Bagikan Berita ini :

Infrastuktur Jokowi Telan Korban, DPR akan Bentuk Panja

37doublecrane.jpg
Crane pengerjaan proyek double track kereta api di Jatinegara yang ambruk, Jakarta, Minggu (4/2/2018). (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis menegaskan, pihaknya akan membuat Panitia Kerja (Panja) untuk investigasi penyebab kecelakaan proyek infrastruktur pemerintahan Jokowi-JK yang kini marak terjadi.

Menurut Fary, Komisi V DPR RI telah mendesak Kementerian PUPR untuk mengaudit proyek infrastruktur yang rancangannya tidak sesuai dengan ketentuan.

Maka itu, ia tidak habis pikir belum lama kasus jatuhnya crane proyek double track (DDT) Matraman-Manggarai ambruk dan mengakibatkan empat pekerja proyek meninggal dunia, kini terjadi longsor jalan Perimeter Selatan Bandara Soekarno-Hatta yang menimbulkan satu orang meninggal dunia, dan satu orang luka-luka.

"Maka Komisi V DPR akan bentuk panja, karena ini sudah enam bulan, dan udah panggil menteri dan sudah ingatkan, tapi kejadian lagi dan ini berulang," kata Fary di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (5/2/2018).

Politisi Gerindra ini mengungkapkan, pembentukan Panja adalah bentuk ketidakpercayaan DPR kepada pemerintah dan proyek karena mengabaikan ketentuan dalam UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

Padahal UU Jasa Kontruksi telah mengamanatkan bahwa pekerjaan konstruksi harus mengutamakan standar keamanan, keselamatan, kesehatan, dan keberlanjutan.

"Ini perlu investigasi dan itu sebenarnya menarik, karena kejadian-kejadian itu adalah BUMN. Nah itu jadi catatan kita. Kemarin kita sudah panggil itu Dirutnya Waskita Raya, ya kalau masih seperti ini ya kita harus investigasi lebih dalam," tandasnya. (icl)

tag: #bencana-proyek  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement