Jakarta
Oleh alfian pada hari Selasa, 13 Feb 2018 - 05:39:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Didemo Lansia, PDIP: Saatnya Anies Revisi Penutupan Jalan Tanah Abang

84demotanahabang.jpg
Spanduk para pendemo di Balai Kota DKI, Senin (12/2/2018). Mereka menuntut agar jalan Jatibaru Raya kembali dibuka untuk kendaraan (Sumber foto : alfian -TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Aksi massa masih mewarnai halaman Balai Kota DKI, pascakebijakan penataan Tanah Abang yang menutup Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat karena dijadikan lokasi berjualan pedagang kaki lima (PKL). Demonstrasi sejumlah massa kembali terjadi sepanjang Senin (12/2/2018).

Kali ini, sebagian besar massa sudah berusia lanjut dan mengaku warga sekitar kawasan Tanah Abang. Mereka merasa dirugikan karena jadi repot ketika harus berjalan berputar ke lokasi rumah mereka.

Lansia itu kelihatan ada yang sudah sulit berjalan, ada pula yang seluruh tubuhnya sudah keriput. Mereka memilih berdemo karena kebijakan itu amat merepotkan.

Menanggapi hal ini, Anggota Fraksi PDI-P DPRD DKI, Willam Yani menilai, sudah saatnya Gubernur DKI Anies Baswedan merivisi kebijakan tersebut.

"Ini warga sekitar loh yang merasa dirugikan. Harus segera direvisi lah," kata William saat dikonfirmasi.

Apalagi, menurut dia, kebijakan itu juga tak sesuai aturan karena yang ditutup adalah jalan raya. "Peruntukkannya kan jelas untuk kendaraan itu," kata William.

Sebelumnya, penasehat Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI, Prasetio Edi Marsudi mengungkapkan hal serupa.

Pras, panggilan akrab Prasetio, menyebut kebijakan penataan Tanah Abang cenderung menerjang aturan.

Pras menyatakan, kebijakan itu melanggar Undang-Undang nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan.

"Ketentuan pidana sangat tegas, 18 bulan penjara atau denda Rp 1,5 miliar bagi setiap orang yang sengaja melakukan kegiatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan dan trotoar," pungkas Ketua DPRD DKI itu.(plt)

tag: #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...