Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 09 Mar 2018 - 13:42:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Kawal Asian Games, Manggala Agni Berjibaku Wujudkan Riau Bebas Asap

8820180309_133227.jpg
Awak Manggala Agni saat berjibaku memadamkan api pada kebakaran hutan (Sumber foto : Istimewa )

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Manggala Agni tak ketinggalan menyukseskan Asian Games 2018. Sesuai tugasnya, mereka melakukan upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan karhutla di Provinsi Riau sejak awal tahun 2018 dengan prioritas pada upaya pencegahan.

“Manggala Agni siap bekerja sama dengan semua pihak untuk mewujudkan Riau bebas asap di tahun 2018 dan suksesnya Asian Games,” tegas Edwin Putra, Kepala Daops Manggala Agni Pekanbaru, saat mengikuti Apel Siaga Darurat Penanggulangan Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau, Kamis (8/3/2018), seperti dalam siaran pers Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kegiatan yang digelar Pemerintah Daerah Provinsi Riau di Halaman Kantor Gubernur Riau, dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim, merupakan bentuk kesiapsiagaan para pihak untuk menanggulangi karhutla di Provinsi Riau tahun 2018. Apel Siaga ini diikuti oleh sekurangnya 750 peserta dari beberapa instansi terkait, diantaranya Manggala Agni Daops Pekanbaru, TNI AD, TNI AU, POLRI, BPBD, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran, Satpol PP, BASARNAS, TAGANA, Senkom Mitra POLRI, PMI, Resimen Mahasiswa, Pramuka, dan perusahaan swasta.

Khusus wilayah Riau, pantauan Posko Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK pada Rabu (7/3) pukul 20.00 WIB, berdasarkan satelit NOAA-19 dan TERRA AQUA NASSA Conf level >80 persen tidak mendeteksi adanya hotspot. Kondisi ini tidak menyurutkan kesiapsiagaan Manggala Agni bersama dengan TNI, Polri dan Masyarakat Peduli Api (MPA) dengan tetap melakukan pengecekan lokasi yang sebelumnya terjadi karhutla.

Dari udara, tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga melakukan pemantauan udara menggunakan helikopter pada wilayah-wilayah yang sempat mengalami kebakaran. Berbagai upaya telah dilakukan KLHK – Manggala Agni bersama para pihak seperti TNI, POLRI, BPBD, MPA, dan masyarakat setempat, sehingga kejadian kebakaran yang terjadi dapat ditangani dengan baik.(dia/rep)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Pengiriman Bantuan untuk Korban Gempa Terkendala Kapal, NU Bawean Minta Jokowi Turun Tangan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
GRESIK (TEROPONGSENAYAN) --Pengiriman bantuan logistik/sembako untuk korban Gempa Bawean, Gresik, terkendala menyusul minimnya armada kapal barang yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan ...
Berita

Rojih Ubab Maimoen: Media Sosial Bisa Dijadikan Amal di Bulan Ramadan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi 1 DPR RI, KH. Rojih Ubab Maimoen mengajak masyarakat untuk mengunakan media digital dengan sebaik-baiknya. Apalagi, kata ia, di bulan Ramadan yang penuh ...