Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 04 Apr 2018 - 13:51:17 WIB
Bagikan Berita ini :

Polisi Selidiki Laporan Masyarakat Soal Sukmawati

90setyo-wasisto.jpg
Irjen Pol Setyo Wasisto (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Aparat kepolisian menyatakan akan menindaklanjuti laporan masyarakat soal isi dari puisi 'Ibu Indonesia' yang disampaikan Sukmawati Soekarnoputri.

“Kewajiban kita adalah melakukan penyelidikan,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (4/4/2018).

Saat ini, kata Setyo, pihaknya baru menerima dua laporan dan juga sedang mengumpulkan barang bukti terlebih dahulu guna menyelidiki laporan yang sudah ada terkait isi puisi Sukmawati, seperti melibatkan ahli bahasa.

“Semua yang terkait termasuk ahli bahasa. Semualah,” beber Setyo.

Setyo juga mengatakan polisi belum bisa memastikan apakah terdapat sebuah unsur pidana di dalam puisi itu.

“Ya nanti makanya diselidiki dulu. Kalau memenuhi unsur baru meningkat jadi proses selanjutnya,” tegas dia.

Selain itu, Setyo juga mengatakan bahwa penyidik akan melihat terlebih dahulu seluruh unsur yang ada. Termasuk juga aspek yang berhubungan dengan pengadilan.

“Tindak lanjut ada beberapa hal yaitu kita lihat perkembangan apa ini bisa masuk dalam proses restorative justice, istilah kita, dari beberapa pihak yang bisa diselesaikan perkaranya tanpa masuk pengadilan. Tapi kalau memang harus dipengadilan, kita proses sesuai aturan yang berlaku,” papar Setyo.

Sebelumnya, puisi dari putri pertama Bung Karno itu menuai kritik hingga kecaman dari sejumlah pihak. Puisi berjudul "Ibu Indonesia" itu dianggap melecehkan umat Islam setelah dibacakan pada acara memperingati 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di ajang Indonesia Fashion Week 2018, di Jakarta Convention Centre, Rabu 28 Maret 2018.

Pasalnya, isi pusi "Ibu Indonesia" yang dibacakan Sukmawati menyinggung tentang adzan, syariat Islam serta simbol-simbol Islam seperti cadar.(yn)

tag: #penistaan-agama  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Hardjuno Pertanyakan Ketegasan Pemerintah dan DPR Soal Pemberantasan Korupsi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 17 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan public seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu ...
Berita

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn ...