Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 17 Apr 2018 - 17:33:02 WIB
Bagikan Berita ini :

Saat Mudik 2018, Bandara Kertajati Sudah Bisa Dipakai

16Budi-Karya-Sumadi1.jpg.jpg
Budi Karya Sumadi (Sumber foto : Istimewa)

MAJALENGKA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat dapat digunakan untuk arus mudik lebaran tahun ini.

"Pada Mei ini kita akan melakukan soft opening dan kita berniat mengundang Bapak Presiden pada saat grand opening menjelang mudik Lebaran," kata Budi di Kompleks Bandara Kertajati, Majalengka, Selasa (17/4/2018).

Dari bandara tersebut, kata dia, direncanakan akan dioperasikan rute menuju ke lima hingga enam kota yakni Surabaya, Denpasar, Ujung Pandang, Banjarmasin, Balikpapan dan Medan.

"Kalau kapasitas penuh ini bisa sampai 5 juta penumpang tapi mungkin tahap awal belum demikian. Direncanakan paling tidak satu hari 10-20 flight," katanya.

Sedangkan jenis pewasat yang bisa diterbangkan dari bandara yang terbentang di luasan lahan 1.800 hektare itu masih berjenis narrow body atau pesawat lorong tunggal.

"Narrow body itu kira-kira 200 penumpanglah," ujarnya.

Ia menambahkan, Bandara Kertajati adalah satu bandara yang dibangun dengan kerja sama antara Pemda, BUMD, lalu bekerja sama dengan swasta dengan BUMN.

"Satu hal yang paling menarik dari Bandara Kertajati adalah berkaitan dengan bandara ini merupakan bandara yang paling besar setelah Soekarno-Hatta dan dia akan menampung atau melayani kurang lebih 20 juta penduduk. Jadi suatu jumlah yang besar," tuturnya.

Pihaknya mengapresiasi inisiatif Pemda dan BUMD sebagai proyek greenfield ini adalah suatu proyak hasil kolaborasi banyak pihak.

"Nah format ini, bisa dipakai di tempat-tempat lain bahwasannya satu pengembangan infrastruktur bisa melibatkan tidak saja mengandalkan BUMN atau APBN tetapi dengan dana-dana swasta," ucapnya.(yn/ant)

tag: #kementerian-perhubungan  #mudik  #bandara-kertajati  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...
Berita

Legislator Golkar Tegaskan Bangsa Indonesia Terus Dukung Kemerdekaan Palestina

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota DPR RI Mukhtarudin mengatakan bahwa Indonesia tetap mendukung kemerdekaan Palestina, sesuai dengan politik luar negeri yang dianut Indonesia. "Posisi ...