Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Senin, 23 Apr 2018 - 12:58:06 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi V Ungkap Indonesia Kekurangan 200 Ribu Insinyur

38Sigit-Sosiantomo-3.jpg.jpg
Sigit Sosiantomo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua Komisi V DPR Sigit Sosiantomo setuju dengan moratorium pembangunan sejumlah proyek strategis nasional.

Sigit pun meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Dewan Insinyur Indonesia. Pasalnya, kata dia, mau tidak mau dengan banyaknya proyek infrastruktur dibutuhkan banyak insinyur.

"UU Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran sudah ada, amanah kepada pemerintah untuk membuat dan membentuk Dewan Insinyur Indonesia, sekarang sudah tahun 2018 dan ada banyak proyek infrastruktur mestinya pemerintah melihat dahulu seberapa banyak Sumber Daya Manusia Enginer untuk pengerjaan banyaknya proyek," kata Sigit saat dihubungi, Senin (23/4/2018).

Politisi PKS ini mengaku, Komisi V sudah bertemu dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PPI) yang menyatakan Indonesia kekurangan 200 ribu insinyur. Kemampuan PPI untuk sertifikasi hanya 13 ribu per tahun.

"Tanpa Dewan Insinyur Indonesia itu tidak akan berjalan. Dari pada membuat Perpres yang memudahkan tenaga kerja asing masuk ke Indonesia, lebih baik segera membentuk Dewan Insinyur Indonesia agar mekanisme rekruitmen, pelatihan Insinyur serta sertifikasi Insinyur Indonesia bisa berjalan baik," paparnya.

Lebih lanjut ia menyatakan, insinyur Indonesia di mata internasional akan sejajar karena bisa bersaing secara internasional lantaran dilindungi oleh undang-undang.

"Kita sudah punya undang-undang tetapi belum ada dewannya yang membuat program-program latihan yang membuat standar sertifikasinya," tandasnya.(yn)

tag: #proyek-infrastruktur  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...