Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Selasa, 15 Mei 2018 - 15:29:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Jokowi Cekatan Sikapi Teror, Misbakhun Yakin Investor Tak Akan lari

91IMG-20180513-WA0030.jpg.jpg
Presiden Jokowi didampingi Menkopolhukam Wiranto dan Kapolri Tito Karnavian, di RS Bhayangkara, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5/2018). (Sumber foto : Alfian)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi XI DPR RI yang membidangi keuangan dan perbankan mengapresiasi langkah cepat Presiden Jokowi dalam merespon aksi teror bom di Surabaya, Minggu (13/5/2018) kemarin.

Anggota Komisi XI DPR, Misbakhun menilai Presiden Jokowi telah melakukan langkah tepat dalam mengatasi teror bom berantai di Surabaya.

Legislator Partai Golkar itu meyakini langkah yang dilakukan Presiden Jokowi tidak hanya menguatkan masyakarat, tapi juga memberikan jaminan bagi investor dan para pelaku ekonomi di Tanah Air.

Misbakhun menjelaskan, keputusan Presiden Jokowi bersama Menkopolhukam Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kepala BIN Budi Gunawan mendatangi lokasi pengeboman di Surabaya telah memberikan pesan yang nyata kepada dunia internasional bahwa pemerintahan saat ini sangat serius menjaga rasa aman sekaligus bersungguh-sungguh menangani permasalahan terorisme.

“Kedatangan Presiden Jokowi ke tkp (tempat kejadian perkara) peledakan bom di Surabaya adalah bukti keseriusan pemerintah dan saya yakin akan menjadi sinyal positif dan akan direspons positif pula oleh investor,” ujar Misbakhun saat dihubungi, Selasa (15/5/2018).

Selain itu, kata dia, pasca teror bom di Surabaya, masyarakat juga beramai-ramai memberikan dukungan ke pemerintah dan lembaga penegak hukum untuk menindak para pihak yang terlibat dalam aksi keji itu. Harapan masyarakat tersebut terlihat masif di media konvensional ataupun media sosial.

Lebih lanjut, Misbakhun mengatakan, bukan kali ini saja Indonesia disasar teror yang berpotensi berimbas ke perekonomian. Bahkan, para investor juga pernah mengalami periode-periode sulit saat teror demi teror marak di berbagai kota di Tanah Air.

Namun, para investor tetap bertahan menjaga investasi modal mereka di Indonesia. “Dan tidak ada yang memindahkankan investasinya ke luar negeri karena teror,” jelas Misbakhun.

Karena itu, Misbakhun mengaku optimistis perekonomian Indonesia akan tetap terjaga dan investor pun tak bakal hengkang.

“Saya berkeyakinan bahwa para investor baik yang melakukan investasi langsung, investor di pasar modal maupun di pasar surat berharga akan memberikan respon yang positif terhadap upaya-upaya penanggulangan terorisme yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi,” tegas dia.

Politikus yang dikenal getol membela kebijakan Presiden Jokowi itu menegaskan dukungannya atas setiap upaya pemerintah untuk membangun kepercayaan para investor supaya mereka tidak terpengaruh dengan teror bom.

Sejauh ini, sambungnya, kondisi keamanan di Indonesia tetap terjaga dan aparat pun sangat serius membasmi pelaku teror.

Karena secara keseluruhan wilayah Indonesia masih sangat aman dan kondusif, Misbakhun meyakini para investor tetap merasa aman.

Dia juga optimistis stabilitas nilai tukar rupiah dan indeks harga saham gabungan (IHSG) tak akan terpengaruh teror bom tersebut.

“Karena para investor lebih mendasarkan keputusan investasi mereka lebih utama kepada alasan pada sentimen-sentimen ekonomi daripada sentimen-sentimen non ekonomi seperti keamanan, karena mereka yakin bahwa pihak keamanan secara sungguh-sungguh melakukan upaya penanganan terhadap aksi teror,” pungkasnya. (Alf)

tag: #komisi-xi  #dpr  #partai-golkar  #jokowi  #bom-surabaya  #terorisme  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement