Berita
Oleh E. Sofyan pada hari Minggu, 20 Mei 2018 - 18:43:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Pasca 20 Tahun Reformasi, Syahganda: Indonesia Mengarah ke Demokrasi Liberal

52IMG_20180520_160249.jpg
diskusi publik bertajuk Menggugat 20 Tahun Reformasi-Daulat Rakyat Dapat Apa?, di Jalan Guntur No 49, Jakarta Selatan, Minggu (20/5/2018) sore. (Sumber foto : E. Sofyan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Aktivis Senior Syahganda Nainggolan menyebut 20 tahun pasca reformasi, arah perjalanan bangsa Indonesia terus mengarah ke demokrasi liberal.

"Demokrasi saat ini, politiknya berkembang terus secara liberal," kata Syahganda dalam sebuah diskusi publik bertajuk Menggugat 20 Tahun Reformasi-Daulat Rakyat Dapat Apa?, di Jalan Guntur No 49, Jakarta Selatan, Minggu (20/5/2018) sore.

Ia menjelaskan ciri-ciri dari demokrasi liberal, salah satunya adalah politik transaksional yang kian marak di Tanah Air Indonesia.

Selain itu, kata dia, pemimpinnya cenderung bekerja denganpencitraan.

"Ciri-ciri demokrasi liberal yaitu pemimpin yang selalu melakukan pencitraan. Dan juga politik uang semakin terjadi," ujarnya.

Sehingga, lanjutnya, demokrasi yang susah payah dicita-citakan oleh para the founding fathers, semakin jauh bahkan tidak tercapai pada pemerintahan saat ini.

"Demokrasi yang dulu dicita-citakan sudah hilang," pungkasnya. (Alf)

tag: #aliansi-kebangsaan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

I Nyoman Parta Desak Aparat Kepolisian Usut Tuntas Kasus Tewasnya Mahasiswa STIP

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 04 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Bali, I Nyoman Parta meminta aparat kepolisian mengusut tuntas tewasnya mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Putu ...
Berita

Ini Kata Anies Soal Beredar Partai Perubahan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anies Baswedan membantah adanya tawaran untuk pembuatan partai. Beredar di sosial media rencana pembentukan partai perubahan dengan logo burung hantu. Dari foto yang ...