TSJabar
Oleh Alfian Risfil pada hari Senin, 18 Jun 2018 - 15:32:58 WIB
Bagikan Berita ini :

Mendagri Tjahjo: Pj Iriawan Akan Jalankan Tugas Seperti Gubernur Definitif

85createimage_small.jpeg.jpeg
Mendagri Tjahjo Kumolo dan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Sumber foto : Ist)

BANDUNG (TEROPONGSENAYAN) --Komjen Pol M Iriawan telah resmi dilantik menjadi Pj Gubernur Jawa Barat, di Gedung Merdeka, Bandung, Senin (18/6/2018) pagi tadi.

Pelantikan M Iriawan sesuai dengan surat Keputusan Presiden Nomor 106/P/2018 tentang pemberhentian dengan hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar periode 2013-2018 dan pengangkatan Pj Gubernur.

Dia akan mengemban tugas layaknya seorang gubernur definitif hingga dilantiknya gubernur terpilih Oktober mendatang.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menjelaskan, tugas dan jabatan seorang Pj Gubernur sama dengan gubernur definitif. Menurutnya, seorang Pj Gubernur bisa ikut membahas anggaran dan juga membahas peraturan daerah bersama DPRD.

"Sama dengan gubernur (definitif) memimpin jalannya pemerintahan bersama DPRD membahas anggaran, membahas Perda," kata Tjahjo, usai pelantikan.

Namun, kata Tjahjo, ada satu batasan kewenangan bagi seorang Pj Gubernur. Terutama mengenai rotasi mutasi pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Seorang Pj Gubernur harus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat khususnya Kementerian Dalam Negeri sebelum melakukan rotasi mutasi.

"Batasannya hanya kalau mau mengganti pejabat di lingkungan eselon II dan I harus izin Mendagri itu saja, yang lain sama saja," ucapnya. (Alf)

tag: #mendagri  #pilkada-jabar-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSJabar Lainnya
TSJabar

Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Dilantik Rabu

Oleh Ferdiansyah
pada hari Senin, 03 Sep 2018
BANDUNG (TEROPONGSENAYAN)--Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dijadwalkan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Rabu ...
TSJabar
Jadi Gubernur dan Wagub Terpilih

Ridwan-Uu Diperkenalkan dalam Rapat Paripurna DPRD Jabar

BANDUNG (TEROPONGSENAYAN)--Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum diperkenal kepada anggota DPRD Jabar. Ridwan-Uu diperkenalkan dalam Rapat ...