TSJabar
Oleh Bara Ilyasa pada hari Sabtu, 23 Jun 2018 - 17:18:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Pilkada Jabar, LKPI: Tingkat Keterpilihan Pasangan Asyik Tertinggi

48Asyik.jpg.jpg
Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) (Sumber foto : Ist)

BANDUNG (TEROPONGSENAYAN) --Jelang pemungutan suara Pilgub Jawa Barat, elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Sudrajat-Akhmad Syaikhu (Asyik) menempati posisi paling tinggi.

Hal itu berdasarkan hasil survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) terhadap 2178 responden dengan menggunakan simulasi kartu suara, baik dengan metode pertanyaan terbuka maupun tertutup.

“'Ketika ditanyakan, pasangan Calon Kepala Daerah Jawa Barat mana yang akan anda pilih jika pilkada digelar hari ini?', dalam jawaban mereka secara top of mind Sudrajat-Akhmad Syaikhu dipilih sebanyak 26,2 persen responden, lalu pasangan Ridwal Kamil-Uu Ruzhanul Ulum 21,2 persen responden,” ujar Direktur LKPI, Arifin Nur Cahyono dalam keterangannya, Bandung, Sabtu (23/6/2018).

Selanjutnya, untuk pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dipilih seabnyak 20,7 persen sedangkan pasangan Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan dipilih sebanyak 16,2 persen dan belum memilih sebanyak 15,7 persen.

Dijelaskan Arifin, saat 2178 respoden diminta memilih salah satu paslon di Pilkada Jabar 2018 dengan menggunakan simulasi Kartu Suara Pilkada Jawa Barat 2018 maka setelah dilakukan tabulasi hasil survei juga didapati sebanyak 30.1 persen memilih pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu, kemudian sebanyak 25,2 persen memilih pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Lalu, sebanyak 22.1 persen memilih pasangan Ridwal Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sedangkan yang memilih pasangan Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan 18,2 persen dan yang tidak memilih sebanyak 4,4 persen.

“Ada beberapa poin yang harus dipegang kandidat pasangan calon kepala daerah Jawa Barat rekam jejak kandidat yang mencalonkan Kepala daerah,” terang dia.

Dari temuan hasil survei LKPI, lanjut Arifin, yang dihasilkan dari jawaban penilian 2178 warga Jawa Barat terhadap ke empat pasangan calon kepala daerah Jawa Barat,Ridwa nKamil-Uu Ruzhanul Ulum dianggap oleh sebanyak 60,3 persen responden memiliki rekam jejak bersih dari kasus korupsi selama menjadi pejabat Negara dan sebanyak 39,7 persen menganggap pasangan satu Ridwal Kamil-Uu Ruzhanul Ulum punya rekam jejak yang kurang baik terhadap dugaan tindak pidana korupsi selama menjabat sebagai pejabat Negara.

“Sementara Sudrajat-Ahmad Syaikhu 83,2 persen dianggap punya rekam jejak bersih dari korupsi, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliya 78,2 persen, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 82,3 persen,” tandasnya.

Dari sisi kompetensi, sebanyak 89,2 persen dari 2178 warga Jabar menyatakan pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu dianggap memiliki kompetensi, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 78,3 persen, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan 72,1 persen dan Ridwal Kamil-Uu Ruzhanul Ulum 70,2 persen.

Dari sisi ketokohan, 87,2 persen warga Jawa Barat yang diwakili oleh 2178 responden juga menilai pasangan Asyik memiliki sisi ketokohan paling tinggi, serta memiliki pengaruh dan berwibawa.

Sedangkan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 84,2 persen, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliya 76,2 persen dan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum 68,3 persen.

Diketahui, survei ini dilakukan pada tanggal 6 -20 Juni 2018 dengan menggunakan Metode Multistage Random Sampling dengan Margin of Error sebesar -/+ 2.1% dan Tingkat Kepercayaan Survei 95% dengan melibatkan 2.178 responden yang tersebar di 18 kabupaten dan 9 kota di Jawa Barat secara proposional sesuai prosentase DPT di Jawa Barat. (Alf)

tag: #pilkada-jabar-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSJabar Lainnya
TSJabar

Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Dilantik Rabu

Oleh Ferdiansyah
pada hari Senin, 03 Sep 2018
BANDUNG (TEROPONGSENAYAN)--Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dijadwalkan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Rabu ...
TSJabar
Jadi Gubernur dan Wagub Terpilih

Ridwan-Uu Diperkenalkan dalam Rapat Paripurna DPRD Jabar

BANDUNG (TEROPONGSENAYAN)--Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum diperkenal kepada anggota DPRD Jabar. Ridwan-Uu diperkenalkan dalam Rapat ...