Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Selasa, 28 Agu 2018 - 15:23:30 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Desak Presiden Bentuk Dewan Beras Indonesia

56beras.jpg
Ilustrasi Beras Impor (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Anggota Komisi VI DPR RI Abdul Wachid mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk Dewan Beras Indonesia guna mengetahui peta stok dan kebutuhan beras di Tanah Air. Desakan ini juga untuk mengkritisi kebijakan impor dua juta ton beras tahun 2018 oleh Kementerian Perdagangan.

"Seharusnya Mendag tidak begitu saja mengeluarkan izin impor beras dua juta Ton sebelum dapat masukan produksi beras tahun 2019 dari Mentan, atau tahu neraca beras nasional," ujar Wachid kepada wartawan di Jakarta, Senin (27/08/2018).

Lebih lanjut Politikus Gerindra itu menyarankan, agar Presiden atau Menko Perekonomian secepatnya membentuk Dewan Beras Indonesia.

"Terdiri dari Mentan, Mendag, Menkeu, BUMN ( Bulog) Petani Padi. Tugasnya: Mengetahui jadwal tanam padi, jadwal panen dan panen raya. Menghitung produksi setahun juga harga beras yang akan di tetapkan pemerintah per tahun," katanya.

Menurut dia, lembaga ini yang akan tahu kapan waktu impor beras.

"Jadi Mendag bisa keluarkan izin impor dari Lembaga Perberasan Nasional, tidak asal impor saja," tandasnya.

Nantinya, kata dia, tujuan lembaga tersebut untuk memproteksi petani padi demi menjaga dan mendukung swasembada beras nasional.

"Kalau petani padi tidak diproteksi dan disubsidi, maka semangat petani akan pudar. Jadi saya tidak setuju Mendag keluarkan izin impor beras dua juta ton sebelum ada laporan dari Mentan soal produksi beras nasional," tutupnya.(plt)

tag: #impor-beras  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Buru Teroris Kelompok Ali Kora, Komjen Listyo Harus Tuntaskan Operasi Tinombala

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 19 Jan 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Pengamat terorisme dari Community of Ideological Islamic Analyst, Harits Abu Ulya mengatakan tantangan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri yakni ...
Berita

Antam Ajukan Banding Setelah Divonis Wajib Ganti Rugi 1,1 Ton Emas

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-PT Aneka Tambang Tak (Persero) mengajukan banding atas gugatan pengusaha asal Surabaya, Budi Said terkait pembelian emas di butik Antam. “Kami menegaskan bahwa ...