Berita
Oleh Ariady Achmad pada hari Selasa, 28 Agu 2018 - 21:23:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Hariman Siregar: Pemerintah Hanya Enak Dalam Kata-kata

19hariman.jpg
Aktivis Pergerakan Hariman Siregar (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Aktivis Malapetaka 17 Januaari 1974 (Malari) Hariman Siregar menyampaikan pandangan kritis tentang perekonomian Indonesia masa kini.

Pandangan tersebut mengemuka dalam diskusi Ngopi Ngerumpi bertajuk "Rakyat Miskin, Negara Terancam Bangkrut, Konsolidasi, Kita Bisa Apa?" di Kantor ILEW, Jalan Veteran I Nomor 33, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (28/8/2018).

Diskusi yang dihadiri aktivis pergerakan tersebut membahas problematika perekonomian bangsa. Hariman menyampaikan pandangannya dari mulai persoalan manufaktur hingga polemik pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS.

Dalam pandangan Hariman, persoalan manufaktur tak bisa dilihat sebelah mata. Sebab, menurut dia, hingga kini Indonesia belum memiliki keunggulan manufaktur.

Terkait hal itu, problema perekonomian masih berkutat dan tak berjauhan dari persoalan regulasi.

"Masih banyak perizinan dan prosedur yang melemahkan ekspor," tegas Hariman.

Saat bersamaan, lanjut dia, problematika tersebut diperparah oleh satunya kata dan perbuatan. Dalam fungsinya sebagai regulator, pemerintah seringkali tak mampu dalam tataran eksekusi.

"Pemerintah hanya enak dalam kata-kata, (tapi) tidak enak dalam implementasi," ujar Hariman.

Terkait keuangan, Hariman menyorot masalah pelemahan nilai tukar rupiah. Bukan mustahil, kata dia, pelemahan tersebut akan memicu krisis ekonomi jika disparitas nilai tukar rupiah terhadap dolar AS semakin besar.

"Yang ditakutkan saat ini adalah kalau nanti dolar pecah ke 17 ribu atau 16 ribu. Pasti orang-orang narik uang," kata dia.

Menurut Hariman, saat ini yang diperlukan kepemimpinan yang mampu menyelamatkan rakyat dari jerat problema perekonomian. Tentunya, lanjut dia, kepemimpinan tersebut jauh dari segala bentuk oligarki.

"Dibutuhkan orang baik, tetap yang tidak membikin rakyat susah," ujar dia. (plt)

tag: #ekonomi-indonesia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...
Berita

KPK Diminta Jelaskan Alasan Periksa Shanty Alda di Kasus Dugaan Korupsi Abdul Gani Kasuba

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mantan Penyidik KPK, Yudi Purnomo mengatakan Penyidik KPK harus transparan dalam menangani perkara dugaan korupsi yang menyeret Gubernur Maluku Utara nonaktif, Abdul Gani ...