Berita

DPR Minta Pemerintah Gerak Cepat Hadapi Pelemahan Rupiah

Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Minggu, 02 Sep 2018 - 16:12:26 WIB

Bagikan Berita ini :

5ihsg-makin-ambruk-rupiah-sesi-i-dekati-level-rp13-600-usd-Ejl.jpg.jpg

Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno mendorong pemerintah bergerak cepat untuk mengatasi melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

“BI, Kemenkeu, OJK dan kementerian terkait seperti Mendag dan  Menteri BUMN harus membuat langkah-langkah sinergistik untuk membendung dampak negatif efek krisis mata uang di Turki, Venezuela,  Brasil dan Argentina,” ujar Hendrawan kepada wartawan, Minggu, (02/09/2018).

Menurutnya, setiap lembaga memang mempunyai tugas dan tupoksi masing-masing untuk mengatasi persoalan dolar ini.

“Perdagangan berbicara ekspor-impor, Kemenkue membahas soal belanja negara dan insentif untuk pemegang devisa hasil ekspor (DHE) sedangkan BI terkait stabilisasi dan kurs valuta, OJK bicara sektor perbankan dan LKNB. Untuk BUMN merupakan sektor strategis terkait permintaan dan penggunaan mata uang dolar,” ujar Ketua DPP PDI-P itu.

Menurutnya, sinergi lintas bidang harus segera dilakukan. Dia juga meminta sebaiknya semua pihak dapat menahan diri untuk mengkritik pemerintah.

“Mereka tak perlu lagi kita gurui, karena mereka sudah terlibat dalam menjamin ekonomi nasional cukup lama dengan rekam jejak yang teruji,” pungkas Hendrawan. (Alf)

tag: #komisi-xi  #dpr  #pdip  #bank-indonesia  #kementerian-keuangan  
Advertisement

Bagikan Berita ini :

Aplikasi TeropongSenayan.com

Advertisement

JakOne Samsat

Advertisement