Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 19 Sep 2018 - 07:10:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Benarkah B20 Bisa Menghemat Devisa 2,3 Miliar Dolar? Ini Jawaban Pemerintah

29archandra.jpg
Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pemerintah masih mendalami ulang dampak perluasan penerapan kewajiban pencampuran biodiesel 20 persen atau B20 terhadap penurunan impor bahan bakar minyak dan penghematan devisa.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (18/9/2018) malam, mengatakan pemerintah sedang melakukan pencocokan data untuk mengetahui angka pasti dari dampak penerapan B20.

"Mencocokkan data berapa dampaknya kepada pengurangan impor, kepada devisa, lalu angka misalnya volume, realisasi, dan rencananya berapa. Kami diskusi panjang tentang apakah angka yang kita pakai selama ini konsisten apa tidak," ujar Arcandra.

Angka yang perlu dihitung ulang, lanjut dia, salah satunya adalah menyangkut perkiraan penghematan devisa sekitar 2,3 miliar dolar AS sampai akhir 2018.

Arcandra mengatakan bahwa 2,3 miliar dolar AS tersebut merupakan angka penghematan devisa dalam satu tahun, bukan sejak B20 diterapkan pada awal September 2018 hingga akhir tahun.

"Jadi intinya kami rekonsiliasi data. Nanti dari Menko (Darmin Nasution) akan keluarkan datanya, tujuan pertemuan hari ini rekonsiliasi data," ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan dampak dari penerapan B20 memang tidak bisa diukur dengan mudah.

"Biarkan kami rekonsiliasi sampai tuntas. Memang ada bulan dia adanya sedikit sekali," ujar Darmin. (plt/ant)

tag: #bbm  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...