Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Jumat, 05 Okt 2018 - 16:20:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Gubernur Anies: Bukan Hanya Ratna Sarumpaet yang Dibiayai Pemprov

3964c5619b-1600-4a5d-8699-e26f921eef41_169.jpeg.jpeg
Gubernur Anies Baswedan (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)Pemprov DKI Jakarta tidak hanya membiayai perjalanan seniman Ratna Sarumpaet ke luar negeri.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, banyak seniman lain yang perjalanannya ke luar negeri disponsori Pemprov DKI.

Salah satunya adalah ahli etnomusikologi, Franki Raden yang menampilkan karya-karya seninya di panggung dunia internasional.

Menurut Anies, biaya perjalanan Franki 100 persen dibiayai Pemprov DKI Jakarta.

"Pada saat yang bersamaan, hari ini Pak Franki Raden sedang berada di Korea atas biaya dari Pemprov DKI, di dalam pentas seni dunia," kata Anies ditemui di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/10/2018).

Selain Franki dan Ratna, Anies menyebut, Pemprov DKI sebelumnya juga pernah mengirim anak-anak muda untuk berlatih teater di Broadway Theatre, Manhattan, Amerika Serikat.

Menurut Anies, pemberian dukungan untuk para seniman adalah hal yang biasa dan sesuai aturan perundang-undangan. Sebab, Pemprov DKI ingin membantu para seniman mempromosikan kebudayaan Indonesia.

"Ini proses biasa, normal, yang terjadi pada banyak seniman, banyak pekerja-pekerja seni di DKI. Kali ini karena kebetulan ada cekal, jadi ramai. Selebihnya enggak ada bedanya," papar mantan Menteri pendidikan itu.

Lebih jauh, Anies mengungkapkan, permohonan sponsor Ratna masuk pada bulan Januari dan diproses pada Februari 2018 lalu.

Pemprov DKI memfasilitasi perjalanan Ratna karena dia pernah menjabat ketua Dewan Kesenian DKI Jakarta.

"Kami memberikan fasilitas dukungan itu karena yang bersangkutan (Ratna) pada waktu itu juga pernah menjadi ketua Dewan Kesenian di DKI Jakarta," ucap Anies.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro sebelumnya menyampaikan, Pemprov DKI telah memenuhi permohonan sponsor perjalanan Ratna untuk menjadi pembicara pada acara The 11th Women Playrights International Conference di Cile.

Pemprov DKI menanggung uang tiket, akomodasi, hingga uang saku Ratna. Pemberian dana itu sesuai Keputusan Gubernur Nomor 1066 Tahun 2018 tentang Standar Biaya Perjalanan Dinas Dalam dan Luar Negeri.

"Untuk tiket, akomodasi, dan uang saku, kurang lebih Rp 70 jutaan," kata Asiantoro.

Cara Mengajukan Dana Sponsor ke Pemprov DKI

Terpisah, Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri DKI Jakarta Muhammad Mawardi menjelaskan, bahwa warga perseorangan atau kelompok apapun bisa mengajukan dana sponsor perjalanan luar negeri kepada Pemprov DKI Jakarta.

Syaratnya adalah perjalanan luar negeri itu bertujuan untuk mewakili Pemprov DKI atau mengharumkan nama Jakarta dan Indonesia, termasuk mempromosikan budaya.

"Boleh (warga), sepanjang itu nanti dilihat dia mau mewakili siapa," ujar Mawardi, saat dihubungi, Jumat (5/10/2018).

Untuk mengajukan dana sponsor perjalanan luar negeri, kata Mawardi, warga perseorangan atau kelompok bisa berkoordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang berkaitan dengan bidang mereka.

Warga atau kelompok itu kemudian mengajukan surat permohonan dana sponsor kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Biasanya berkoordinasi dengan SKPD di bidangnya, misal soal budaya dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Nanti orang yang bersangkutan berkirim surat ke Pak Gubernur, nanti Pak Gubernur disposisi ke SKPD yang membidangi," bebernya.

Setelah itu, SKPD yang mendapat disposisi dari gubernur akan mengkaji soal permohonan sponsor itu.

Jika disetujui, SKPD tersebut nantinya akan merekomendasikan pemberian dana sponsor itu kepada Biro Administrasi Sekretariat Daerah (ASD) DKI.

Besaran dana sponsor yang diberikan ditentukan dalam Keputusan Gubernur Nomor 1066 Tahun 2018 tentang Standar Biaya Perjalanan Dinas Dalam dan Luar Negeri.

"Alokasi anggarannya di Biro Administrasi, semua kan dipusatkan di sana," pungkas Mawardi. (Alf)

tag: #anies-baswedan  #pemprov-dki  #ratna-sarumpaet  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...