Berita
Oleh M Anwar pada hari Sabtu, 13 Okt 2018 - 10:51:32 WIB
Bagikan Berita ini :

Akhir Oktober, 50 Ribu Tenaga Honorer Ancam Mogok Nasional

70DEMO_GURU_HONORER_1.jpg.jpg
Ribuan guru honorer memadati ruas jalan di depan Gedung DPR/MPR RI Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa (15/9/2015). Mereka berunjuk rasa menuntut pemerintah memperhatikan kesejahteraan guru honorer dan mengangkatnya menjadi guru tetap atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) (Sumber foto : Dok/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Merasa dianaktirikan, puluhan ribu tenaga honorer kategori 2 (K2) mengancam mogok nasional akhir Oktober ini. Ketua Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I) Titi Purwaningsih mengatakan, aksi ini dilakukan lantaran pemerintah tidak menunjukkan komitmennya untuk mengangkat para honorer K2 menjadi CPNS.

Titi menngutarakan, pihaknya tengah menyiapkan dua agenda besar untuk meminta perhatian Presiden Jokowi terkait nasib honorer K2. Agenda pertama adalah aksi turun ke jalan yang ditargetkan melibatkan 50 ribu honorer K2.

Rencananya aksi digelar 30 Oktober bersamaan dengan demo di kantor bupati/walikota masing-masing daerah. Bila aksi tersebut tidak membawa hasil, rencana kedua dijalankan honorer K2, yakni mogok nasional hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

"Kami tidak main-main dan akan kami laksanakan bila pemerintah ngeyel," kata Titi.

Ia menegaskan, aksi mogok nasional akan dilakukan seluruh honorer K2. Baik guru, tenaga kesehatan, tenaga kependidikan, penyuluh, administrasi, dan lain-lain.

"Kami demo dulu tanggal 30. Kalau nggak ditanggapi, be­soknya (31/10) mogok nasional. Kami tidak peduli lagi, buat apa bertahan dengan gaji Rp 150 ribu," sebutnya.

Dia mengatakan, aksi dan mogok nasional tidak perlu terjadi jika honorer K2 diperha­tikan oleh pemerintah.

"Apakah selama ini pemerintah tidak melihat betapa tulus pengabdian kami. Kami terus mengabdikan tenaga dan pikiran untuk negara ini. Apakah tuntutan kami berlebihan, kami rasa tidak juga, tuntutan kami ada dasarnya kok," ujarnya.

Pemerintah selalu mengatakan K2 sudah tidak ada lagi tapi di lapangan tenaganya masih digunakan. Setiap K2 minta diangkat CPNS, pemerintah selalu be­ralasan tidak ada dana.

"Giliran ada uang, dibuka penerimaan CPNS untuk umum. Honorer K2 dialihkan menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Apakah salah kalau K2 menuntut ketidakadilan ini?," keluh Titi.

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyata­kan hanya ada sebanyak 13.345 tenaga honorer K2 yang dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Jika dipersentasekan, jumlah itu hanya sekitar 3 persen dari total 438.590 tenaga honorer K2 yang tercatat dalam database BKN.

Deputi Bidang Informasi Kepegawaian BKN Iwan Hermanto mengatakan, pegawai honorer K2 yang bisa mengikuti seleksi CPNS 2018 harus memenuhi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2018.

"Berdasarkan proses seleksi di atas, maka jumlah rekapitulasi data Tenaga Honorer K-II yang memenuhi syarat adalah 13.345," katanya.

Dalam Peraturan Menteri PANRB no. 36 tahun 2018 disebutkan, untuk dapat mengi­kuti seleksi CPNS Tahun 2018, Tenaga Honorer K2 harus memenuhi persyaratan, antara lain usia paling tinggi 35 tahun. Selain itu, mereka juga harus masih aktif bekerja terus-menerus sampai sekarang.

Syarat lainnya, bagi tenaga pendidik minimal mengantongi ijazah S1 yang diperoleh sebelum pelaksanaan seleksi Tenaga Honorer K2 pada 3 November 2013. Sementara, bagi Tenaga Kesehatan, mesti berijazah minimal D3 yang diperoleh sebelum pelaksanaan seleksi Tenaga Honorer K2 pada 3 November 2013.

Untuk para honorer K2 yang dinilai layak mengikuti seleksi CPNS, Iwan mengingatkan, mereka wajib melakukan pencetakan ulang kartu tanda bukti peserta Tenaga Honorer Kategori II melalui helpdesk SSCN 2018. Kartu itu harus mencantumkan kualifikasi atau tingkat pendidikan yang digunakan saat pengangkatan tenaga honorer pertama kali. Juga kualifikasi pendidikan tertinggi yang telah ditamatkan saat pendataan Tenaga Honorer K2.(yn/rmol)

tag: #honorer-k2  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...