Jakarta
Oleh Bara Ilyasa pada hari Selasa, 23 Okt 2018 - 15:31:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Tak Mau Semrawut Lagi, Tanah Abang Akan Disulap Seperti SCBD

17akurat_20180911115719_8eeHS3.jpg.jpg
Proyek pembangunan Skybridge atau Jembatan Multiguna Tanah Abang (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kawasan Tanah Abang akan dijadikan kawasan seperti Sudirman Central Bussiness District (SCBD).

Rencana itu diutarakan oleh Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C Pinontoan. Dia mengatakan, perubahan kawasan tersebut merupakan penataan jangka panjang Pemprov DKI Jakarta yang akan rampung dalam delapan tahun.

“Jangka panjangnya mimpi kita ingin menata kawasan Tanah Abang agar lebih rapi, enggak semrawut kayak sekarang, gambarannya kita bikin kayak SCBD gitu,” Yoory C Pinontoan ketika dihubungi, Selasa (23/10/2018).

Yoory menjelaskan, untuk desain penataan kawasan Tanah Abang akan rampung pada dua atau tiga bulan kedepan. Selain itu, desain itu dikerjakan oleh PD Sarana Jaya yang bertanggung jawab dalam proyek Sentra Primer Tanah Abang (SPTA).

“Mudah-mudahan akhir tahun (konsepnya) sudah bisa selesai semua,” kata Yoory.

Yoory melanjutkan, dalam penataan itu akan ada ada pembangunan infrastruktur di kawasan itu, seperti pelebaran jalan dan normalisasi Kali Krukut. Pembangunan jaringan infrastruktur baru diperlukan agar kawasan Tanah Abang tidak lagi semrawut.

"Tanah Abang juga direncanakan menjadi kawasan berorientasi transit (TOD). Selain ada akses KRL, moda light rail transit (LRT) juga akan sampai ke Tanah Abang," jelasnya.

Mengenai anggaran, PD Sarana Jaya akan menggunakan penyertaan modal daerah (PMD) sebesar Rp260 miliar dalam APBD Perubahan 2018.

“Kunci penataan Tanah Abang itu harus pengadaan lahan. Sekarang pengadaan lahannya sudah dimulai,” ucapnya.

Diketahui Pemprov DKI memiliki sejumlah rencana untuk menata kawasan Tanah Abang. Untuk jangka menengah, PD Sarana Jaya membangun Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) di Jatibaru. Selain itu, revitalisasi Pasar Blok G, Tanah Abang akan dilakukan oleh PD Pasar Jaya.

Pengembangan Sentra Primer Tanah Abang merupakan salah satu kegiatan strategis daerah di era Gubernur Anies Baswedan. (Alf)

tag: #pemprov-dki  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...