Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Sabtu, 03 Nov 2018 - 02:11:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Pembeli Rusunami DP 0 Rp Akan Diseleksi Dinas Perumahan dan Bank DKI

13antarafoto-rumah-susun-dp-0-rupiah-210118-gp-1_ratio-16x9.jpg.jpg
Sejumlah warga mencari informasi unit rumah susun dengan DP 0 Rupiah di Kantor Informasi Klapa Village, Jakarta, baru-baru ini. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bagi warga Jakarta yang mendaftarkan diri untuk membeli rumah susun DP Rp 0 atau Solusi Rumah Warga (SAMAWA) Klapa Village akan diseleksi oleh Dinas Perumahan DKI Jakarta dan Bank DKI selaku bank penyalur kredit.

Kedua instansi tersebut nantinya hanya akan memberi kredit kepada pembeli yang lolos administrasi dan layak secara keuangan.

"Bank memilih yangsecurejuga. Itu faktor risiko perbankan," kata Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Fasilitasi Pemilik Rumah Sejahtera Dzikran Kurniawan kepada wartawan, Jumat (2/11/2018).

Selain BIchecking, Bank DKI akan melihat kemampuan calon pembeli dalam mencicil. Hal ini untuk memastikan pinjaman dapat dikembalikan lancar.

Kedua instansi ini hanya akan memberi kredit kepada pembeli yang lolos administrasi dan layak secara keuangan.

Selain itu, calon pembeli juga akan diperiksa apakah sudah pernah mencicil rumah, membayar Pajak Bumi dan Bangunan, serta penghasilan aslinya.

"Setelah valid, setelah memenuhi syarat, baru akan diminta melengkapi berkas sesuai persyaratan," ujar Dzikran.

Dengan demikian, pembeli yang diprioritaskan bukan yang sekadar membutuhkan rumah dengan penghasilan kecil, melainkan juga yang secara perbankan dinilai layak diberi pinjaman.

Adapun Rusunami Klapa Village ditargetkan rampung Juli 2019. Pendaftaran untuk pembeliannya sudah mulai dibuka Kamis (1/11/2018) kemarin.

Rusunami Klapa Village akan dibangun empat tower dengan total hunian 780 unit. Unit hunian dibagi dalam 3 tipe, yakni tipe studio 21, satu kamar tidur tipe 24, dan dua kamar tidur tipe 36.

Harga tiap unit bervariasi, mulai dari Rp 184 juta untuk yang tipe paling kecil hingga Rp 310 juta untuk tipe 36 yang memiliki dua kamar tidur.

Rusunami itu diperuntukkan bagi masyarakat Jakarta berpenghasilan Rp 4 juta hingga Rp 7 juta. Rusunami yang dibangun di lahan seluas 1,5 hektar itu masih dalam tahap pembangunan. (Alf)

tag: #pemprov-dki  #bank-dki  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...