Jakarta
Oleh Bara Ilyasa pada hari Sabtu, 24 Nov 2018 - 17:50:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Bentuk Pansus PMD, DPRD DKI Diminta Tak Hanya 'Gertak Sambal'

4120140425-gedung-dprd-dki-jakarta.jpg.jpg
Ilustrasi gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Koalisi Rakyat Pemerhati Jakarta Baru (Katar) Sugiyanto meminta politisi Kebon Sirih di DPRD DKI segera membentuk panitia khusus (Pansus)Penyertaan Modal Daerah (PMD).

Pansus ini diinisiasi wakil rakyat Jakartauntuk menyelidiki dana PMD sebesar Rp 4.4 triliun yang belakangan diketahui mengendap di sejumlah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemprov DKI.

SGY, panggilan akrab Sugiyanto, mengaku sangat mendukungterkait rencana pembentukan Pansus tersebut. Namun, dia meminta agaranggota DPRD DKI tidak hanya gertak sambal.

"Prinsipnya, kami setuju sekali dengan niat baik anggota DPRD DKI untuk membentuk Pansus PMD guna mencari tahu tentang kasus (dana PMD yang mengendap) ini," ujar SGY saat dihubungi, Sabtu (24/11/2018).

Aktivis senior Jakarta ini mengatakan, dana PMD yang sangat besar itu jika ditelusuri serius bukan tidak mungkin akan berujung pada pidana.

"Ini bisa masuk ranah pidana loh, kalau seandainya diketahui, uang rakyat Jakarta ini digunakan oleh oknum di BUMD yang bukan sesuai peruntukannya," ungkap SGY.

SGY melanjutkan, salah satu BUMD yang mendiamkan kucuran PMD itu antara lain PT Jakarta Propertindo yang merelokasikan dana PMD sebesar Rp 650 miliar ke sejumlah proyek lain, tanpa persetujuan DPRD DKI Jakarta.

Padahal, kata dia, keputusuan tersebut tidak memilikidasar hukum yang jelas.

"Kalau ini bisa dibuktikan maka bisa ada unsur pidananya. Karena uang rakyat yang digunakan tidak sesuai peruntukannya itu bisa dipidanakan," tegas SGY. (Alf)

tag: #dprd-dki  #pemprov-dki  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...