Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 19 Des 2018 - 16:58:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Beda dengan Kasus Ahok, LSI: Reuni 212 Tak Berpengaruh pada Elektabiltas Capres

62ADJIE.jpg.jpg
Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby (kanan) menyampaikan hasil survei Pertarungan Para Capres setelah Reuni 212 di Kantor LSI Rawamangun, Jakarta, Rabu (19/12/2018). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA terbaru menyebut, reuni 212 tidak banyak mengubah elektabilitas kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres).

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengatakan, salah satu alasannya adalah karena publik memandang sosok petahana Jokowi berbeda dengan mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Adjie menjelaskan, survei LSI Denny JA menemukan, bahwa publik menilai Jokowi bukanlah musuh bersama umat Islam. Karena itu, gerakan reuni 212 tidak bisa digunakan untuk menjadikan Jokowi sebagai musuh bersama.

"Sebesar 74,6 persen menyatakan bahwa gerakan reuni 212 tidak bisa digunakan untuk menjadikan Jokowi sebagai common enemy," kata Adjie, di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (19/12/2018).

Dari survei itu, hanya sebesar 14,5 persen pemilih yang menyatakan, reuni 212 bisa digunakan untuk menjadikan Jokowi sebagai musuh bersama pemilih muslim. Kemudian, dalam riset kualitatif, LSI Denny JA menemukan, publik menilai Jokowi berbeda dengan Ahok.

"Saat itu, Ahok seakan menjadi musuh bersama umat Islam karena adanya dugaan penistaan agama Islam," jelas dia.

Survei LSI Denny JA ini dilakukan terhadap 1.200 responden di 34 provinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling pada 5-12 Desember 2018. Wawancara dilaksanakan secara tatap muka dengan menggunakan kuisioner. Adjie mengatakan, margin of error survei ini sebesar 2,8 persen.

"Selain survei, LSI Denny JA juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview untuk memperkaya analisa survei," kata Adjie. (Alf)

tag: #survei-lsi  #aksi-212  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...