Jakarta
Oleh Bara Ilyasa pada hari Rabu, 16 Jan 2019 - 22:39:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Dipimpin Anies, Jakarta Raih Peringkat Ke-47 Smart City Government 2018

80setahun-pemerintahan-anies-ekonomi-jakarta-tumbuh-kondusif-mm5.jpg.jpg
Gubernur Anies Baswedan (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) –Pemerintah Provinsi (Pemprov)DKI Jakarta berhasil masuk dalam predikat ‘Top 50Smart City Government2018’ dan meraih peringkat ke-47Smart City Governmentdari 140 kota di dunia.

“Predikat tersebut diraih atas dasar sepuluh indikator penilaian,” kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania, di Jakarta Pusat, Rabu (16/01/2019).

Namun, penilaian tertinggi pada indikator visi Pemprov DKI Jakarta, kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai kepala pemerintahan, serta alokasi anggaran/APBD Provinsi DKI Jakarta.

“Alhamdulillah, baru saja mendapatkan informasi dari Eden Strategy Institute, sebuah perusahaan konsultasi, ada 140 kota yang diriset dan diranking untuk pengembangansmart city-nya. Jakarta mendapatkan predikat Top 50,” kata Atika.

Dia mengatakan, dengan hasil prestasi tersebut, pihaknya tidak akan berpuas diri karena masih banyak peluang inovasi yang dapat dikembangkan.

Ke depan, kata dia, Gubernur Anies tengah mempersiapkansmart city4.0 sebagai salah satu pilar menujucity4.0 yang fokus pada pengembangan platform kolaborasi.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta tengah mewujudkan cita-cita agar Jakarta menjadi kota 4.0, dimana kota menjadi platform satu atap yang memungkinkan kolaborasi industri terjadi antara perusahaan swasta dan badan publik, dalam berbagi data, mengembangkan wawasan dan lebih jauh meningkatkan layanan publik agar lebih memenuhi kebutuhan warganya.

Hal ini diimplementasikan melalui konsepsmart citydi Jakarta yang dibuat berdasarkan enam pilar, yaituSmart Governance, Smart People, Smart Living, Smart Mobility, Smart Economy,danSmart Environment.

Atika menambahkan, dengan adanya penghargaan ini sekaligus dapat memotivasi Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan program-program yang terkait dengan indikatorTalent-Readinessatau peningkatan dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) di kota Jakarta agar menjadi lebih baik, berkualitas, serta berdaya saing.

“Ini sebuah berita yang baik bagi Indonesia, Jakarta menempati urutan ke-47 pemerintah dengansmart cityterbaik di dunia,” kata Atika.
Hal ini jadi motivasi untuk mengejar beberapa hal seperti talent, kita harus menyiapkan“readiness”SDM kita.

Oleh karena itu juga, Gubernur DKI Jakarta untuk saat ini fokus menciptakan SDM yang berkualitas, termasuk para“start-up”. (Alf)

tag: #pemprov-dki  #anies-baswedan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...