Jakarta
Oleh Bara Ilyasa pada hari Kamis, 17 Jan 2019 - 14:58:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Gandeng Kemendikbud, Pemprov DKI Siap Tingkatkan Kompetensi Guru

23anies b.jpg.jpg
Gubernur DKI, Anies Baswedan (Istimewa) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Guna menciptakan ekosistem lembaga pendidikan yang baik di Ibukota, Pemprov DKI Jakarta bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menandatangani Kesepakatan Kerjasama (MoU) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru, Pendidik Lainnya dan Tenaga Pendidik.

Kesepakatan kerjasama tersebut juga melingkupi peningkatan mutu dan kompetensi para kepala sekolah di Jakarta, dimana menurut Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, kepala sekolah memegang peran penting dalam membangun ekosistem belajar mengajar yang baik di sekolah.

“Peran dan kepemimpinan kepala sekolah sangat vital dalam membangun ekosistem sekolah yang baik, dan hadirnya MoU ini kami sangat apresiasi karena dampaknya akan sangat besar kepada para siswa di Jakarta,” terang Gubernur Anies usai penandatanganan di Balai Kota, Kamis (17/1/2019).

Menurut Gubernur Anies, peningkatan mutu para kepala sekolah ini dirasa sangat tepat terlebih kepala sekolah harus menyiapkan para gurunya karena peserta didik pada masa sekarang berhadapan dengan perubahan zaman yang cepat sehingga mereka memerlukan bekal lebih agar siap menyambut masa depan.

“Kita berharap kepala sekolah dan guru dapat membekali anak kita dengan kompetensi untuk masa depan, kita harus gerak cepat, dan kita harus berikan fokus pada konten pendidikannya,” terangnya.

Gubernur Anies bahkan menyampaikan Pemprov DKI Jakarta ke depan akan merangkul para profesional agar memberikan sumbangsi terhadap peningkatan kompetensi dan kepemimpinan para kepala sekolah di Jakarta.

“Jakarta punya konsentrasi putra putri terbaik di indonesia, kita perlu undang para profesional dan direksi dari institusi yang berhasil untuk menjadi mentor bagi kepala sekolah di Jakarta,” tambahnya.

Lebih lanjut Gubernur Anies juga berpesan agar kerjasama ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh jajaran Pemprov DKI Jakarta.

“Kami berharap seluruh jajaran Pemprov DKI memanfaatkan MoU dengan sebaik-baiknya dan ini adalah langkah yang akan membuka kesepakatan kerjasama (dengan Kemendikbud) lainnya,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut ditandatangani pula teknis pelaksanaan peningkatan kompetensi dan pengembangan karier tenaga pendidikan, dimana ruang lingkup perjanjian antara lain:

1. Diklat Calon Kepala Sekolah dan Diklat Penguatan Kompetensi Kepala Sekolah;
2. Diklat Calon Pengawas Sekolah dan Diklat Penguatan Pengawas Sekolah;
3. Diklat bagi Widyaiswara sebagai pengajar pada calon kepala sekolah dan Diklat Penguatan Kompetensi Kepala Sekolah;
4. Diklat bagi Widyaiswara sebagai pengajar pada calon pengawas sekolah dan Diklat Penguatan Pengawas Sekolah;
5. Uji Kompetensi dan Sertifikasi bagi kepala sekolah/calon kepala sekolah;
6. Peningkatan kompetensi bagi tenaga kependidikan lainnya.

Selain itu pada tahun 2019 ini, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi DKI Jakarta telah menganggarkan program peningkatan kompetensi bagi tenaga pendidik antara lain:

1. Diklat Penguatan Kepala Sekolah sebanyak 20 Angkatan;
2. Diklat Pengawas Sekolah sebanyak 2 Angkatan;
3. Diklat Kepemimpinan Kepala Sekolah sebanyak 3 Angkatan. (ahm)

tag: #pemprov-dki  #anies-baswedan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...