Jakarta

Gubernur Ingin Jakarta Aman dan Kondusif Saat Pemilu

Oleh Bara Ilyasa pada hari Rabu, 27 Feb 2019 - 10:36:19 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1551238579.jpeg

Anies Baswedan (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan bertindak sebagai Pembina Apel Tiga Pilar bersama TNI, Polri, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta se-wilayah Garnisun Tetap I/Jakarta dalam rangka Pengamanan Pemilu 2019. Apel tersebut diselenggarakan di Lapangan Silang Monas Sisi Selatan, Jakarta Pusat, Rabu pagi (27/2). Pemprov DKI Jakarta melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi DKI Jakarta berkomitmen bersama TNI-Polri untuk memastikan memberikan pelayanan terbaik mengamankan Ibu Kota selama Pemilu 2019.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Anies secara simbolis menyerahkan kendaraan Dinas Operasional dan Surat Tugas Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) kepada Satpol PP Provinsi DKI Jakarta guna mendukung pengamanan Pemilu 2019, khususnya tingkat Kelurahan di seluruh wilayah Jakarta. Satpol PP Provinsi DKI Jakarta diberikan 261 unit motor dan 261 unit mobil, serta merekrut 786 personel PJLP. Gubernur Anies mengimbau seluruh pihak berkolaborasi menjaga stabilitas keamanan agar tercipta suasana Ibu Kota yang kondusif.

“Kita semua menyadari posisi strategis Ibu Kota. Karena itu, tiga unsur (yaitu) TNI, Polri dan Pemprov (Satpol PP DKI Jakarta) akan terus kerja bahu-membahu memastikan persiapan pelaksanaan dan pasca Pemilu, Ibu Kota tetap kondusif. Suasana yang terbentuk di Jakarta akan mempengaruhi suasana di seluruh Indonesia. Karena itu, ini adalah tugas yang amat strategis, amat penting, dan pandang ini sebagai sebuah kehormatan. Kita semua berharap seluruh masyarakat untuk turut membantu pengamanan,” ujar Gubernur Anies.

Lebih lanjut, Gubernur Anies berpesan agar semua pihak tetap waspada dan mengantisipasi berbagai kemungkinan kejadian di Jakarta. Kota Jakarta, termasuk kawasan penyanggah Bodetabek, diharapkan tetap kondusif, dan situasi Kamtibmas perlu terus terjaga. Sehingga, setiap kegiatan yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban di masyarakat, sejak dini harus dapat dicegah agar tidak berkembang luas dan besar.

“Cara membantunya adalah bila menyaksikan ada hal-hal yang dipandang berpotensi untuk mengganggu keamanan, jangan bertindak sendiri. Tapi, laporkan kepada aparat kita, baik Polisi, TNI maupun Pemprov. Karena, bagian penegakan hukum itu bagian kita, pengamanan adalah bagian negara. Karena itu, bagi warga yang memiliki informasi, laporkan. Kita bisa bersama menjaga suasana Ibu Kota yang aman, damai, kondusif. Semua aparat kita, aparat ASN, harus bertindak netral. (Untuk) warga yang penting, jaga kerahasiaan, jangan ada tekanan, dan silahkan memilih sesuai dengan aspirasi,” tandasnya.

Selanjutnya, Gubernur Anies turut mengapresiasi Aparat Keamanan TNI dan Polri, serta segenap lapisan masyarakat, atas kerja sama dan koordinasi yang semakin solid. Sehingga, kota Jakarta dalam kondisi aman dan kondusif.

“Alhamdulillah sejauh ini semua berjalan dengan baik (dan) lancar. Insya Allah suasana menjelang Pemilu juga tenang, aman (dan) damai. Sehingga, Ibu Kota bisa menyebarkan suasana tenang teduh (dan) damai ke seluruh Indonesia. Insya Allah kita akan terus bekerja bersama memastikan bahwa kondisi di Jakarta aman,” tuturnya.

Turut hadir dalam Apel Tiga Pilar ini, antara lain Para Pimpinan Pangdam Jaya, Pangkohanudnas, POM TNI (Angkatan Darat, Laut dan Udara), Pangkoarmada 1, Danlantamal III, Pangkoops AU, serta Danlanud Halim Perdanakusuma; Para Prajurit TNI; Kapolda Metro Jaya dan Dansat Brimob Mabes Polri, serta Para Anggora Polri; Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta dan jajaran Pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta; serta para Anggota Satpol PP Provinsi DKI Jakarta. (ahm)

tag: #anies-baswedan  #dki-jakarta  

Bagikan Berita ini :