Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 04 Mar 2019 - 21:40:57 WIB
Bagikan Berita ini :

KPU Heran Kemendagri Ogah Serahkan Data Semua WNA Pemilik e-KTP

tscom_news_photo_1551710457.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kabar soal temuan warga negara asing (WNA) yang punya e-KTP masuk dalam DPT Pemilu 2019, membuat KPU mengecek ulang seluruh data pemilih.

KPU mengakukhawatir ada lebih banyak WNA yangsalah inputmasuk DPT. Cara iniditempuh KPU dengan meminta data WNA yang punya e-KTP ke Kemendagri.

Namun, hingga saat ini KPU belum menerima daftar WNA yang memiliki e-KTP untuk dicek ke dalam DPT.Padahal, KPU sudah melayangkan surat permintaan itu kepada Dukcapil Kemendagri.

"KPU belum menerima data WNA dari Dukcapil. KPU ingin mendata memastikan data seluruh WNA yang punya KTP-el kondisinya ada atau tidak di DPT," kataKomisioner KPU Viryan Azis saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (4/3/2019).

Viryan mengungkapkan KPU sudah bersurat ke Dukcapil sejak tanggal 28 Februari lalu untuk meminta data para WNA yang mempunyai e-KTP. Namun, hingga saat ini permintaan itu belum dipenuhi.

"Ya kabarnya kan ada1.600-an kami sudah kirim surat minta data seluruh WNA yang punya KTP el, tujuannya KPU ingin memastikan sekali kerja dan itu enggak perlu lama," ungkap Viryan.

Viryan menegaskan KPU ingin menyelesaikan masalah ini secara tuntas, memastikan tidak ada WNA dalam DPT yang ikut memilih pada Pemilu 2019.

"Kalau data tidak diberikan gimana KPU bisa menyelesaikan? Ada atau tidak di dalam DPT kalau ada yang pasti akan kami coret. Tapi kan tidak mungkin KPU hanya nunggu informasi dari bawah. KPU ingin menyelesaikan itu secara menyeluruh supaya masyarakat tenang tidak ada lagi persoalan DPT," paparnya.

Sementara, Dirjen Dukcapil Zudan Arif mengakusudah menggelatrapat dengan KPU, Kemengdari, dan Bawaslu. Di rapat itu, pihaknya menyerahkan data WNA yang punya e-KTP ke KPU.

"Untuk membantu, KPU kami malah sudah menyerahkan data WNA yang masuk dalam DPT," ucap Zudan dikonfirmasi terpisah.

Zudan menyebut memang tidak semua data WNA yang punya e-KTP, tapi hanya data WNA ber-eKTP yang ada di DPT. Di luar DPT tidak diberikan.

"Data semua WNA yang punya KTP el untuk apa? Kan sudah kami beri data WNA yang masuk DPT," pungkasnya. (Alf)

tag: #kpu  #ektp  #kementerian-dalam-negeri  #pemilu-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Idul Fitri 1441H Dharma Jaya
advertisement
Idul Fitri 1441H Mendagri Tito Karnavian
advertisement
Idul Fitri 1441H Yorrys Raweyai
advertisement
Idul Fitri 1441H Nasir Djamil
advertisement
Idul Fitri 1441H Sukamta
advertisement
Idul Fitri 1441H Irwan
advertisement
Idul Fitri 1441H Arsul Sani
advertisement
Idul Fitri 1441H Cucun Ahmad Syamsurijal
advertisement
Idul Fitri 1441H Abdul Wachid
advertisement
Idul Fitri 1441H Puteri Komarudin
advertisement
Idul Fitri 1441H Adies Kadir
advertisement
Idul Fitri 1441H Mohamad Hekal
advertisement
Idul Fitri 1441H Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Irwan Desak Kemendes Percepat Penyaluran BLT Dana Desa

Oleh Sahlan Ake
pada hari Minggu, 31 Mei 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota DPR RI Irwan terus mendorong Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk segera menyalurkan semua bantuan langsung tunai ...
Berita

DPR Kaji Draf Perpres Pelibatan TNI dalam Penanggulangan Terorisme

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi III DPR akan mengkaji draf peraturan presiden (Perpres) tentang pelibatan TNI dalam penanggulangan terorisme. Perpres yang diajukan oleh Kementerian Hukum dan HAM ...