Jakarta
Oleh Fitriani pada hari Kamis, 14 Mar 2019 - 21:12:47 WIB
Bagikan Berita ini :

Tunaikan Janji, Gubernur Anies Lakukan Kick Off Pembangunan Stadion Persija

tscom_news_photo_1552572767.jpg
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat melakukan kick off pembangunan Jakarta International Stadium, di Kawasan Sarana Rekreasi Olahraga, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (14/3/2019). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Gubernur DKI Anies Baswedan melalui BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menindaklanjuti komitmen dalam mengembangkan Kawasan Olahraga Terpadu berkelas dunia dengan melakukanKick Off(Tendangan Perdana) Pembangunan Jakarta International Stadium di Kawasan Sarana Rekreasi Olahraga, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (14/3/2019).

Secara simbolis, Anies melakukanKick Offsebagai penanda pembangunan stadion club Sepak Bola Persija Jakarta kebanggaan warga Ibu Kota.

“Hari ini adalah hari bersejarah yang membahagiakan dan membanggakan bagi kita semua. Hari ini Jakarta memulai babak baru di tempat ini akan didirikan Jakarta International Stadium menjadi stadion sepak bola kelas dunia yang pertama kali di Indonesia. InsyaAllah dalam waktu sekitar dua tahun setengah kita akan menyaksikan yang selama ini menjadi cita-cita dan mimpi menjadi kenyataan di tempat ini. Kita harus bisa menunjukkan bahwa penggunanya pun memiliki adab internasional (dan) tata cara yang kelas dunia. Perjalanan menuju pembangunan ini panjang dan berliku, (untuk itu) saya apresiasi semua pihak yang telah terlibat di dalam proses pembangunan stadion ini,” ujar Anies dalam sambutannya.

Untuk diketahui, kedudukan Jakarta International Stadium berada pada lokasi yang sangat strategis di wilayah Utara Jakarta yang dapat dicapai dengan menggunakan moda transportasi umum, seperti Commuterline, Transjakarta, LRT, MRT.

Selain itu, lokasi stadion ini juga dilalui jalan tol inner dan outter ring road sehingga menambah nilai strategis kawasan. Dengan terbangunnya stadion ini, Pemprov DKI Jakarta akan memiliki 3 (tiga) fasilitas olahraga berstandar internasional, yaitu Jakarta International Velodrome, Jakarta International Equistrian Park, dan Jakarta Internatonal Stadium.

Realisasi pembangunan stadion ini juga sekaligus sebagai komitmen Anies terhadap janji kampanyenya di Pilkada DKI 2017 silam.

Adapun fitur-fitur unggulan dari Jakarta International Stadium sebagai berikut:

1. Lokasi: Akan dilayani oleh 4 moda transportasi umum di Jakarta, mulai dari Commuterline, Transjakarta, MRT, dan LRT.
2. Luas: Memiliki luas sekitar221.000m2
3. Kapasitas : Kapasitas jumlah penonton sekitar82.000orang
4. Perhatian terhadap Difabel: Memberi perhatian khusus kepada kelompok Difabel dengan menyediakan 200 tempat duduk, 24 lot parkir kendaraan, 25 lokasi toilet khusus difabel
5. Parkir: Parkir yang tersedia diprioritaskan bagi VVIP, VIP, atlet, dan official. Tersedia sekitar 800 lot parkir mobil dan 100 lot parkir bus
6. Atap Buka-Tutup: Fitur ini disediakan agar stadion juga dapat digunakan untuk kegiatan pertunjukan indoor, seperti konser musik
7. Fungsi Sosial: Selain mengakomodir fungsi olahraga, pembangunan stadion ini juga memperhatikan fungsi socsal bagi masyarakat sekitar, seperti penyediaan area dengan fungsi urban farming
8.Public Open Spacesebagai Plasa Shalat: Akan memiliki ruang terbuka publik berupa Plasa yang luas yang terintegrasi dengan Taman BMW dan Danau Sunter Utara. Desain Plasa berbetuk garis-garis yang dapat berfungsi sebagai shaf shalat, sehingga bila dibutuhkan, Plasa dapat digunakan sebagai area shalat berjamaah. Integrasi ruang terbuka publik pada area stadion dengan area Danau Sunter Utara mejadikan area stadion memiliki lokasi bagi wisata air, sehingga menciptakan suasana fasilitas olahraga yang menyatu dengan alam.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto menjelaskan bahwa proses persiapan dan pengembangan lahan proyek telah hampir tuntas. Pelaksanaan konstruksi secara fisik dilaksanakan dalam waktu 3 (tiga) pekan setelahkick off. Bangunan dan kawasan stadion dirancang untuk siap disertifikasigreen building (greenship)dengan targetgrade platinum. PT Jakpro sebagai BUMD Pelaksana Penugasan Pembangunan Jakarta International Stadium melalui Peraturan Gubernur Nomor 14 Tahun 2019.

Turut hadir dalam acara ini, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah; Walikota Jakarta Utara Syamsuddin Lologau; Para Pejabat Pemprov DKI Jakarta; Sekjen Persija DKI Jakarta Diki Sumarno; Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta M. Taufik beserta Para Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta; Para Anggota Forkopimda DKI Jakarta; Perwakilan KONI DKI Jakarta; Pimpinan dan Segenap Pengurus Persija; Para Pemain, Pelatih dan Pemain Legendaris Persija; serta Para pecinta/komunitas Sepak Bola/Jak Mania. (Alf)

tag: #anies-baswedan  #pemprov-dki  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...