Berita
Oleh Fitriani pada hari Senin, 17 Jun 2019 - 23:02:32 WIB
Bagikan Berita ini :

KPK Periksa 7 Calon Rektor UIN di Berbagai Wilayah untuk Tersangka Rommy

tscom_news_photo_1560787352.jpg
Rommy (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa tujuh calon rektor Universitas Islam Negeri (UIN) dari sejumlah wilayah di Indonesia, tiga diantaranya adalah calon rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Ali Mudlofir, Masder Hilmy, Akhmad Muzakki dan tiga calon rektor UIN Pontianak Syarif, Hermansyah, Wajidi Sayadi, dan Waruli Walidin, rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

"Yang bersangkutan akan diperiksa untuk tersangka RMY," kata juru bicara KPK, Febri Diansyah, pada Senin, (17/6/2019).

RMY merupakanRomahurmuziy atau yang biasa akrab di sapa Rommy, mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (Ketum PPP), tersangka jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag).

KPK memeriksa para calon rektor UIN sebagai saksi. Rommy ditengarai menerima uang Rp 325 juta dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur Haris Hasanudin dan Kakanwil Gresik Muafaq Wirahadi.

Febri menuturkan, dalam proses penyidikan KPK menemukan fakta baru, sehingga dibutuhkan proses pemeriksaan terhadap calon rektor di beberapa kampus Islam yang berada di bawah Kemenag. Para calon rektor yang diperiksa adalah mereka yang lolos sampai tahap tiga besar calon rektor.

Para calon rektor tersebut, akan diperiksa soal pengetahuannya mengenai dugaan peranRomahurmuziydalam proses seleksi. "Tapi lebih rinci dari itu belum bisa saya sampaikan," ungkapnya.

Tak hanya itu, perkara jual beli jabatan Rommydi Kemenagmerembet ke dugaan jual beli jabatan rektor di beberapa Universitas Islam Negeriyang beradadi bawah Kemenag. (Alf)

tag: #romi  #kpk  #kementerian-agama  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Pasca Pemilu, Ketua Fraksi PKS Jazuli: Siap Kolaborasi Bangun Bangsa

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 29 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menyatakan pihaknya tidak pernah membatasi diri pasca Pemilu 2024. Menurutnya PKS adalah partai politik yang konsisten mendorong ...
Berita

Ahmad Najib Prediksi Timnas Indonesia Menang 2-1 Lawan Uzbekistan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI Ahmad Najib Qodratullah optimis Timnas Indonesia bakal menaklukan Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 yang digelar di Stadion Abdullah bin ...