Berita
Oleh Emka Abdullah pada hari Jumat, 22 Mei 2015 - 10:10:30 WIB
Bagikan Berita ini :

Bantah Massa Aksi Capai Seribu, Begini Rumus Adian Napitupulu

48AdianNapitupulu(eko).jpg
Adian Napitupulu (Sumber foto : Eko S Hilman/TeropongSenayan)

JAKARTA (TERPONGSENAYAN) - Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Adian Napitupulu memprotes media massa yang memberitakan jumlah mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) yang demonstrasi di depan Istana Kamis (21/5/2015) mencapai ribuan.

"Sesuai kode etik jurnalistik, maka media massa wajib menyampaikan kebenaran bukan kebohongan. Demi menjaga nilai berita maka ada baiknya kita mempelajari panduan menghitung jumlah massa saat demonstrasi," tulis Adian dalam keterangan tertulis yang diterima TeropongSenayan, Jumat (22/5/2015).

Anggota Komisi II DPR ini pun mengajak publik untuk menghitung secara pasti jumlah mahasiswa yang berdemo kemarin. Inilah rumusan yang dipakai Adian untuk menghitung jumlah demonstran.

Massa Dinamis (berjalan). Dalam kondisi massa dinamis/ berjalan maka tiap orang butuh ruang bagi tubuhnya sekitar 75 cm dan jarak rata-rata dari satu orang ke orang di belakangnya berkisar antara 1,5 meter. Dengan demikian maka dari orang pertama ke orang kedua dan orang ke dua ke orang ke tiga butuh (dari depan ke belakang) memakai areal sekitar 2,25 meter x 75 cm. Jarak orang pertama ke orang ke dua dan dari orang ke dua ke orang ketiga butuh ruangan bagi tubuhnya sebesar 75 cm + 75 cm jarak antar orang jadi total 1,5 meter.

Dalam pantauan di lapangan, panjang barisan BEM SI kemarin saat berjalan sekitar 200 meter, maka berarti jejeran orang dari depan ke belakang berjumlah maksimal 80 orang. Jika lebar luas jalan protokol mencapai 9 meter (tiga jalur mobil) dan terisi penuh maka berarti di satu ruas jalan ada 6 orang berjejer. Dengan demikian dengan panjang barisan sepanjang 200 meter dengan menggunakan 1 ruas jalan, maka jumlah massa maksimal berjumlah 80 x 6 = 480 orang, tidak lebih.

Massa Duduk. Massa duduk bersila di jalan membutuhkan ruang bagi masing-masing orang sekitar 90 cm (kiri kanan) dan 75 cm (depan belakang). Jarak masing-masing orang kiri ke kanan dan depan ke belakang rata-rata 30 cm. Dengan demikian, maka jika kemarin massa BEM SI menggunakan luas areal yang digunakan sepanjang 50 meter (kiri ke kanan) dan 9 meter ke belakang (1 jalur jalan) maka total orang dalam areal itu maksimal 42 orang x 12 = 504 orang.

Jika di luar barisan ada sekitar 150 orang, massa BEM SI yang berada tersebar di luar maka secara logika matematika, total massa maksimal tidak lebih dari 654 orang.(yn)

tag: #demo mahasiswa  #istana negara  #adian napitupulu  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement