Oleh Bachtiar pada hari Sabtu, 01 Feb 2020 - 19:57:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Antisipasi Wabah, DPR Desak Pemerintah Bentuk Desk Corona Virus

tscom_news_photo_1580561835.jpg
(Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organitation (WHO) baru-baru ini mengumumkan kondisi darurat global pasca mewabahnya virus Corona kesejumlah negara-negara di dunia.

Menyikapi hal tersebut, Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Mukhtarudin mendesak pemerintah secepatnya melakukan langkah-langkah strategis dan terukur dalam menyikapi kondisi darurat global terkait mewabahnya virus Corona saat ini.

"Masalah virus Corona yang saat ini sudah menyebar ke beberapa negara dan tidak tertutup kemungkinan ke Indonesia maka pemerintah perlu menyiapkan langkah-langkah antisipatif," kata Politisi Golkar itu saat dihubungi wartawan di Jakarta, Sabtu (01/02/2020).

Langkah antisipatif itu berupa, lanjut Mukhtarudin, Pemerintah bisa membentuk desk Corona virus yaitu semacam satgas gabungan yang terdiri dari lintas lembaga/kementerian.

"Desk Corona virus nantinya melibatkan semua stakeholder seperti Kemenlu, Kemenkes, Kemenhub, Kemendagri, TNI, Polri, Imigrasi, BNPB," usulnya.

Desk Corona virus, menurutnya, perlu dibentuk pemerintah agar pola penanganan dan antisipasi penyebaran virus Corona lebih terkonsolidasi dan terpantau dengan baik.

"Mengingat masalah ini sangat komplek dan lintas sektoral maka diperlukan pola penanganan yang lebih terkonsolidasi. Sehingga, dalam rangka antisipasi dini, optimalisasi koordinasi dan penanganannya tidak parsial, maka sekali lagi dipandang perlu pemerintah membentuk desk Corona virus,” ujar Anggota Komisi VI DPR RI itu.

Selain itu, menurutnya, pembentukan desk Corona virus akan lebih efektif dan efisien dalam mendeteksi penyebaran wabah tersebut di negara kepulauan semacam Indonesia ini.

"Ditengah bentangan kondisi geografis dan demografisnya negara kita yang sangat luas ini tentunya desk Corona virus sangat tepat untuk memudahkan pemantauan penyebaran virus Corona itu. Indonesia juga termasuk negara yang punya resiko tinggi untuk terkena penyebaran Virus corona tersebut. Desk Corona virus bisa dikatakan sebagai sebuah sistem deteksi dini," ungkapnya.

Sekali lagi, tandasnya, dengan desk Corona virus akan jelas tugas dan tanggung jawab masing-masing stakeholder terkait dan koordinasi pun akan lebih efesien dan efektif.

"Sehingga pemerintah dalam menghadapi kondisi seperti ini tidak bersikap reaktif tapi responsif. Sikap (pembentukan desk Corona virus) responsif pemerintah ini diperlukan masyarakat. Agar masyarakat juga jadi tidak was-was, paranoid menyikapinya dan dapat informasi yang benar tentang situasi yang terjadi dan tidak ada informasi yang menyesatkan dan meresahkan," pungkasnya. (Bng)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement