Oleh Bachtiar pada hari Sabtu, 29 Feb 2020 - 12:47:38 WIB
Bagikan Berita ini :

Anggota DPR Ini Geram Arab Saudi Stop Umrah

tscom_news_photo_1582955258.jpg
Bukhori Yusuf Politikus PKS (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi VIII DPR RI, Bukhori Yusuf geram dan merasa prihatin terhadap tindakan pemerintah Arab Saudi yang menghentikan secara sepihak pelayanan umrah bagi sejumlah negara di dunia, termasuk Indonesia.

Bukhori menyayangkan kebijakan yang terkesan mendadak tersebut sehingga membuat jamaah umrah asal Indonesia terlantar di sejumlah bandara di Indonesia.

“Saya sangat menyesalkan tindakan pemerintah Arab Saudi yang melakukan penghentian secara sepihak. Pemerintah Arab Saudi tidak boleh mengabaikan hak-hak jamaah. Mereka (red; Pemerintah Arab Saudi) harus bertanggung jawab untuk kerugian materil maupun non materil yang ditimbukan akibat keputusan sepihak tersebut,” ujar Bukhori saat ditemui di Ruang Rapat Komisi VIII DPR RI, Senayan, Jumat (28/02/2020).

Bukhori mengingatkan agar pemerintah Arab Saudi memberikan perhatian yang serius terhadap pemenuhan hak-hak jamaah umrah kendati adanya keputusan penyetopan sepihak.

Ia menambahkan, hal-hal yang dapat dihitung secara materil harus dipertanggungjawabkan secara optimal oleh pemerintah Arab Saudi, khususnya bagi para jamaah umrah asal Indonesia yang telah tiba di Madinah atau Jeddah.

Bukhori juga mendorong pemerintah Indonesia untuk segera menjelaskan informasi yang valid dan transparan kepada pemerintah Arab Saudi tentang isu penyebaran virus corona di Indonesia.

“Jika melihat fenomena global saat ini, kebijakan penghentian sementara oleh pemerintah Arab Saudi sebenarnya dapat dimengerti sepanjang dalam koridor yang masuk akal dan bertanggung jawab. Oleh karena itu menjadi tugas penting bagi pemerintah Indonesia untuk menjelaskan kondisi riil di Indonesia terkait isu penyebaran virus corona,” pungkas politisi PKS ini. (Bng)

tag: #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Mendadak, Caleg PKB Cabut Gugatan di MK

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 30 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Arief Hidayat kaget dengan keputusan Caleg PKB yang mencabut permohonan perkara Pileg 2024 DPRD Aceh. Permohonan Caleg PKB ini berkaitan ...
Berita

Dukung Pembangunan Berkelanjutan, Bank DKI Resmikan Kebun Hidroponik

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI secara konsisten menunjukkan komitmennya dalam mendukung tujuan pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals melalui perwujudan 2 program Tanggung ...