Oleh Aries Kelana pada hari Rabu, 25 Mar 2020 - 10:57:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Setelah Inggris, India Lakukan Lock Down Secara Nasional Selama Tiga Pekan

tscom_news_photo_1585108657.jpg
Narendra Modi (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Setelah Inggris melakukan lock down untuk menghadapi COVID-19, India agaknya bakal mengikuti langkah tersebut.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan bahwa pemerintah akan memberlakukan lock down nasional dari Rabu dini hari (25/3/2020) hingga 21 hari ke depan.

Langkah itu dilakukan Modi untuk mencegah makin banyak jatuhnya korban COVID-19, meski sejauh ini kasusnya masih sedikit. Per 24 Maret lalu, kasus COVID baru mengenai 482 orang dengan sembilan korban meninggal dunia.

Angka itu bertambah 24 kasus dibandingkan sehari sebelumnya, sedangkan yang meninggal cuma bertambah satu orang.

Namun demikian menurut ilmuwan kesehatan di India, lebih dari satu juta orang di India dapat terinfeksi dengan virus corona pada pertengahan Mei mendatang jika pemerintah tidak melakukan lock down berupa penutupan semua perjalanan udara, kereta api, bus, bisnis dan sekolah.

Modi mengatakan tidak ada seorang yang akan diizinkan meninggalkan rumah mereka.

"Satu-satunya cara untuk menyelamatkan diri dari virus corona adalah jika kita tidak meninggalkan rumah kita. Apa pun yang terjadi, kita tinggal di rumah," kata Modi.

Negara berpenduduk terbesar kedua di dunia itu punya alasan berani melakukan lock down lebih awal. Sebab, bila menunggu kasusnya membesar, maka penanganannya bakal makin sulit karena virusnya sudah menyebar ke seluruh India. Sehingga dibutuhkan dana dan sumberdaya manusia yang lebih besar lagi untuk mengatasinya.

tag: #corona  #india  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Pasca Pemilu, Ketua Fraksi PKS Jazuli: Siap Kolaborasi Bangun Bangsa

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 29 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menyatakan pihaknya tidak pernah membatasi diri pasca Pemilu 2024. Menurutnya PKS adalah partai politik yang konsisten mendorong ...
Berita

Ahmad Najib Prediksi Timnas Indonesia Menang 2-1 Lawan Uzbekistan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI Ahmad Najib Qodratullah optimis Timnas Indonesia bakal menaklukan Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 yang digelar di Stadion Abdullah bin ...